Sunday, February 07, 2016

STANDAR KASIH

Minggu, 7 Februari 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Roma 15:1-13
Bacaan Alkitab satu tahun
Lukas 1:39-56 ; Mazmur 74-76
Ayat Hafalan
Roma 15:7, “Sebab itu terimalah satu akan yang lain, sama seperti Kristus juga telah menerima kita, untuk kemuliaan Allah.“

Renungan Inspirasi
Pada tahun 1973, isu rasis di Amerika sedang marak-maraknya. Isu tersebut bahkan ikut mempengaruhi kehidupan di sekolah-sekolah, tidak terkecuali SMA Woodlawn – Alabama. Sampai suatu hari, seorang missionaris masuk ke sekolah itu dan membawa perubahan di dalamnya dengan gerakan “one hope, one truth, one way” (Yohanes 14:6).  Gerakan ini membawa kasih Kristus kepada para siswa di sekolah itu, sehingga mereka menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi mereka. Gerakan ini juga melahirkan kesatuan yang memikat seluruh hati dari setiap pemain tim football Woodlawn dan melahirkan seorang pemain superstar pertama Afrika Amerika yang bernama Tony Nathan.

Paulus merindukan agar jemaat di Roma memiliki standar kasih yang lebih tinggi lagi. Di dalam jemaat itu terdapat sikap saling menghakimi dan menghina (Roma 14:1-12). Paulus menantang dan mengingatkan mereka bahwa seharusnya mereka memikirkan apa yang menyenangkan orang lain, dan bukan menyenangkan diri sendiri. Dengan bergabung dalam gerakan mengasihi orang lain tanpa memandang perbedaan, sesungguhnya Anda sedang memuliakan Allah (ay.7).

Refleksi Diri
1. Apakah yang harus terjadi di dalam tubuh Kristus?
2. Apakah yang harus kita lakukan satu terhadap yang lain agar kesatuan terwujud?

Pokok Doa
Tuhan, aku mau menjadi orang yang penuh kasih kepada sesama. Tolonglah aku agar perkataan dan sikapku membangun semangat orang lain dan membawa pujian bagi kemuliaan nama-Mu.

Kata - Kata Bijak
Kebaikan yang kita lakukan adalah kasih yang mengalir keluar.

Yang Harus Dilakukan
Kasihilah mereka yang berbeda dengan Anda.

No comments: