Thursday, March 10, 2016

KASIH SEBAGAI SUMBER DAYA IMAN

Kamis, 10 Maret 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Galatia 5:1-15

Bacaan Alkitab satu tahun
Lukas 17:20-37 ; Amsal 6-7

Ayat Hafalan
Galatia 5:6, “Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih.”

Renungan Inspirasi
Orang yang beragama hidup dibawah tuntutan untuk melakukan perbuatan baik menurut hukum Taurat. Sebaliknya, orang yang hidup dalam Kristus, ia hidup dalam iman bukan karena melakukan perbuatan baik. Iman kepada Kristus memberi kita akses kepada kasih karunia Tuhan yang membenarkan dan menyelamatkan hidup kita. Jika demikian, apakah kita juga harus melakukan perbuatan baik? Ya, pasti, namun bukan sebagai tuntutan agar kita diselamatkan.

Pernahkah kita berpikir bahwa iman membutuhkan “sumber daya” untuk mempertahankan agar tetap hidup? Paulus menuliskan (Gal 5:6 vers.Ampl Bible) “.. faith activated and energized and expressed and working, through love“; .. bahwa iman diaktivasi, diberi tenaga dan diekspresikan melalui kasih.” Jadi, iman yang hidup diekspresikan oleh perbuatan kasih kepada sesama kita. Tindakan kasih kita menggenapkan tuntutan hukum Taurat (Roma 13:8b Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat. Lihat juga Gal 5:13-14). Oleh karena itu, hidup berdasarkan kasih, yaitu mengasihi Allah dan mengasihi sesama adalah sumber daya iman kita.

Refleksi Diri
1. Mengapa kasih itu penting bagi iman?
2. Bagaimana caranya agar iman dapat terus bertahan?

Pokok Doa
Tuhan biarlah selalu kasih-Mu memenuhi hidupku

Kata - Kata Bijak
Iman akan aktif bekerja dengan kasih.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk melakukan segala hal atas dasar kasih.

No comments: