Thursday, March 24, 2016

KEBAIKAN MEMBUKA PINTU BERKAT

Kamis, 24 Maret 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Kejadian 24:1-60

Bacaan Alkitab satu tahun
Lukas 24:1-35 ; Kidung Agung 1-3

Ayat Hafalan
Amsal 11:17, “Orang yang murah hati berbuat baik kepada diri sendiri, tetapi orang yang kejam menyiksa badannya sendiri.”

Renungan Inspirasi
Abraham telah menugaskan hambanya Eliezer untuk mencarikan isteri bagi Ishak anaknya di kota Nahor. Setiba di sana, Eliezer duduk mengamati perempuan- perempuan yang turun mengambil air di sungai. Eliezer berkata dalam hati, “Siapapun yang memberi aku minum dan unta-untaku ini, maka dialah yang akan menjadi pilihanku.” Belum selesai ia berkata, seorang gadis bernama Ribka datang dan memberi air minum Eliezer beserta unta-untanya. “Diam-diam Eliezer mengamati-amati apa yang dilakukan Ribka, di dalam hatinya dia bertanya, apakah ini jodoh yang Tuhan berikan bagi anak tuannya.” (ayat 21). Hinggga akhirnya Eliezer mengerti, Ribkalah yang dipilih Tuhan menjadi calon isteri pewaris orang terkaya di dunia saat itu.

Dalam bacaan kita hari ini, kita belajar bahwa sikap Ribka yang peduli dan mau menolong orang lain telah membuka pintu berkat bagi dirinya. Kita tidak pernah tahu apa yang dapat terjadi dengan kebaikan yang kita perbuat. Yang jelas, sikap yang mau peduli dan menolong orang lain dapat membuka pintu berkat yang tersembunyi. Oleh karena itu, teruslah berbuat baik dan suka menolong orang lain, karena setiap perbuatan baik yang kita lakukan tidak akan pernah sia-sia.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang mengubah hidup Ribka?
2. Sikap apakah yang terdapat dalam diri Ribka?

Pokok Doa
Tuhan, ajarkan aku untuk selalu peduli dan memberi pertolongan kepada setiap orang.

Kata - Kata Bijak
Terkadang berkat Tuhan datang disaat kita tidak pernah menyangkanya.

Yang Harus Dilakukan
Lakukan perbuatan baik sekecil apapun bagi orang yang Anda jumpai hari ini.

No comments: