Saturday, March 26, 2016

MENJADI PERINGATAN BAGI KITA

Sabtu, 26 Maret 2016

Bacaan Alkitab hari ini
1 Korintus 10:5-11

Bacaan Alkitab satu tahun
Titus 1 ; Kidung Agung 6-8

Ayat Hafalan
1 Korintus 10:11, “Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, di mana zaman akhir telah tiba.”

Renungan Inspirasi
Setiap pesawat selalu dilengkapi dengan black box atau kotak hitam yang merupakan perangkat perekam data penerbangan seperti tekanan udara, kondisi cuaca selama penerbangan, dan perekam pembicaraan antara pilot dengan pemandu lalu lintas udara atau Air Transport Control (ATC). Walau dinamakan kotak hitam, sebenarnya kotak perekam itu berwarna oranye agar memudahkan pencarian jika pesawat mengalami kecelakaan. Mungkin kita bertanya-tanya, apa gunanya kotak hitam itu bagi penumpang selama perjalanan? Kotak hitam itu tidak bisa menyelamatkan penumpang dari kecelakaan, tetapi melalui kotak hitam itu, para ahli keselamatan udara dapat mempelajari kesalahan yang telah terjadi di masa lalu, sehingga kesalahan tersebut tidak terulang kembali pada penerbangan pesawat yang lain.

Paulus seperti seorang ahli keselamatan udara yang membongkar data kotak hitam perjalanan bangsa Israel  saat mereka di padang gurun. Perjalanan bangsa Israel diwarnai dengan banyak kecelakaan yang menyebabkan mereka tewas di padang gurun. Penyebabnya: melakukan kejahatan, menyembah berhala, mencobai Tuhan, bersungut-sungut, dan melakukan percabulan. Paulus berusaha mengingkatkan jemaat Korintus agar tidak mengulang kesalahan yang dilakukan oleh bangsa Israel. Hari ini, peringatan yang sama diberikan oleh Tuhan kepada kita. Mari kita menganggap peringatan ini sebagai panduan iman dalam menjalani kehidupan.

Refleksi Diri
1. Mengapa kita harus belajar dari bangsa Israel?
2. Apa yang diperingatkan oleh Paulus?

Pokok Doa
Tuhan, ajar aku melalui peringatan- peringatan-Mu agar aku tidak mengulangi kegagalan yang sama.

Kata - Kata Bijak
Peringatan Tuhan sebagai bentuk Kasih Dia bagi kita.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah hari ini dengan mengevaluasi kesalahan kita kemarin.

No comments: