Saturday, March 05, 2016

MERESPON TEGURAN TUHAN

Sabtu, 5 Maret 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Ayub 5:17-27

Bacaan Alkitab satu tahun
Lukas 14:25-35 ; Mazmur 143-145

Ayat Hafalan
Ayub 5:17, “Sesungguhnya, berbahagialah manusia yang ditegur Allah; sebab itu janganlah engkau menolak didikan Yang Mahakuasa.”

Renungan Inspirasi
Tidak semua orang percaya menyukai teguran. Cenderung kita menolaknya bahkan ingin menyatakan apa yang menurut kita benar. Padahal, tidak semua teguran itu disebabkan karena seseorang membenci kita atau ingin membuat kita menderita. Alkitab mencatat banyak sekali peritiwa dimana Tuhan menegur manusia, bukan dengan maksud yang buruk tetapi demi kebaikan manusia itu sendiri.

Lihatlah apa yang dikatakan Ayub berikut (ay. 17), “Sesungguhnya, berbahagialah manusia yang ditegur Allah; sebab itu janganlah engkau menolak didikan Yang Mahakuasa”. Mengapa Ayub mengatakan demikian? Ia memberikan penjelasan panjang lebar keuntungan dari menerima teguran dari Tuhan yaitu: terhindar dari malapetaka, tidak perlu takut kelaparan, ada perlindungan, keamanan, kemurahan, umur panjang dan lain-lain (ayat 18-27). Memang teguran itu tidak menyenangkan, namun berikanlah respon yang baik dengan meninggalkan dosa, belajar dari kesalahan dan bangkit kembali dengan tidak mengulanginya lagi. Tuhan menegur kita karena Dia mengasihi kita.

Refleksi Diri
1. Mengapa Ayub mau menerima teguran dari Tuhan?
2. Hal apa saja yang bisa diterima ketika Anda merespon positif teguran Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan Yesus, terima kasih untuk setiap teguran yang Kau berikan kepadaku. Engkau mengasihi aku dan hendak menghindarkan aku dari bahaya.

Kata - Kata Bijak
Teguran Tuhan mengajar kita untuk berubah menjadi pribadi yang lebih saleh dan berkenan kepada-Nya

Yang Harus Dilakukan
Responi dengan hati terbuka apa yang Tuhan peringatkan untuk kita lakukan hari ini

No comments: