Thursday, March 17, 2016

MERESPONI PANGGILAN UNTUK MELAYANI

Kamis, 17 Maret 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Keluaran 3:1-22

Bacaan Alkitab satu tahun
Lukas 21:1-19 ; Amsal 25-26

Ayat Hafalan
1 Timotius 1:12, ”Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku—“

Renungan Inspirasi
Tuhan memanggil kita bukan saja untuk diselamatkan tetapi juga untuk melayani-Nya. Seseorang kadang menjadi ragu untuk melayani karena melihat keadaan dirinya yang tidak siap. Tetapi sebenarnya Tuhan menghendaki jawaban yang tulus yaitu, “Ya Tuhan, aku mau melayani-Mu”; dibandingkan mempertimbangkan kualifikasi dirinya apakah mampu atau tidak mampu.

Dalam Alkitab, Musa adalah contoh seorang yang bimbang saat mendapatkan panggilan dari Allah untuk membebaskan umat-Nya dari tanah Mesir. Musa seperti kebanyakan dari kita, langsung fokus kepada keterbatasannya sebagai pribadi. Ia berkata, “Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai bicara, dahulupun tidak dan sejak Engkau berfirman kepada hamba-Mupun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah.” (Kel. 4:10). Berat mulut dan berat lidah, slow of speech and have a heavy and awkward tounge; pengertiannya gagap atau orang yang tidak pintar berbicara. Sebenarnya, Tuhan sudah menyatakan diri-Nya kepada Musa dalam Kel. 3:14, “I AM WHO I AM”. Tuhan menyatakan bahwa siapa Dia itu jauh lebih penting daripada Musa. “Akulah Aku”, itu jauh lebih penting dari “siapa aku”. Tuhan hanya menginginkan kesediaan dari Musa.

Demikian kita sebagai orang percaya, Tuhan ingin kita meresponi panggilan-Nya untuk melayani. Tuhan minta kemauan atau kesediaan kita. Itu saja, selebihnya Dialah yang melengkapi segala sesuatu yang kita butuhkan untuk dapat melayani Dia.

Refleksi Diri
1. Mengapa Musa bimbang dalam panggilan?
2. Hal apa saja yang bisa Anda terima saat Anda mau melayani Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan Yesus, terima kasih untuk kesempatan aku boleh melayani-Mu.

Kata - Kata Bijak
Panggilan yang tertinggi dalam dunia ini adalah panggilan untuk melayani Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Hari ini responilah panggilan untuk melayani Tuhan.

No comments: