Tuesday, March 15, 2016

MERUBAH DIRI TERLEBIH DAHULU

Selasa, 15 Maret 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Lukas 6:41-42

Bacaan Alkitab satu tahun
Lukas 20:1-26 ; Amsal 19-21

Ayat Hafalan
Lukas 6:42a,“Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Saudara, biarlah aku mengeluarkan selumbar yang ada di dalam matamu, padahal balok yang di dalam matamu tidak engkau lihat?”

Renungan Inspirasi
Betapa sempurnanya dunia, jika orang lain mau menjadi seperti semua yang kita inginkan! Ada satu quote terkenal “If you want to change the world, start by changing yourself”. Bila diterjemahkan akan berarti: Bila anda ingin merubah dunia, mulailah dengan merubah diri anda. Tapi kenyataannya tidak semudah yang dikatakan, merubah diri kita itu begitu sulit. Namun ironisnya, banyak yang berpikir merubah orang lain jauh lebih mudah.

Yesus menceritakan sebuah perumpamaan tentang ketidakmampuan manusia untuk melihat kesalahan sendiri. Dia berkata, “Bagaimana engkau dapat berkata kepada saudara, biarlah aku mengeluarkan serpihan kayu yang ada di dalam matamu, padahal balok yang di dalam matamu tidak engkau lihat?...”(Lukas 6:42).

Hari ini Yesus ingin mengajarkan, betapa mudahnya kita menuntut dan menghakimi orang lain. Dengan mudahnya kita bisa menunjukkan kesalahan atau kekurangan istri, anak-anak, atau teman-teman kita, serta memberitahu mereka untuk merubah sikapnya. Semua itu tidak efektif jika kita ternyata tidak dapat memberikan teladan kepada mereka. Memang kita tak dapat mengubah orang lain, tetapi dengan pertolongan Allah kita dapat mengubah perilaku kita sendiri. Dan saat sikap kita berubah, kita dapat memberi contoh untuk orang lain juga dapat berubah.

Refleksi Diri
1. Mengapa kita perlu berubah sikap?
2. Apa dampak ketika kita mau berubah?

Pokok Doa
Tuhan, ajar aku untuk tidak mudah melihat kesalahan orang lain.

Kata - Kata Bijak
Hanya Kuasa Roh Kuduslah yang bisa merubah hati manusia menjadi baru.

Yang Harus Dilakukan
Ambllah keputusan untuk melakukan perubahan, sekecil apapun atas sikap kita

No comments: