Wednesday, March 16, 2016

ORANG PERCAYA HARUS MENGALAMI PERUBAHAN

Rabu, 16 Maret 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Efesus 4:17-32

Bacaan Alkitab satu tahun
Lukas 20:27-47 ; Amsal 22-24

Ayat Hafalan
Efesus 4:24, “dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.”

Renungan Inspirasi
Tahun 1940-an, awal jam buatan Negara Swiss begitu terkenal. Karena begitu populernya jam dari swiss, maka hampir 80 persen jam yang dijual di pasaran dunia adalah buatan Swiss. Hingga pada akhir tahun’50-an muncul ide dari seorang pembuat jam, ia menyodorkan kepada pemimpin perusahaan jam di Swiss model jam digital. Namun para pemimpin menolak gagasan baru ini karena mereka begitu yakin bahwa jam karya mereka sudah terbaik. Akhirnya penemu ide tersebut menjual ciptaannya kepada Seiko- Jepang. Saat ini, 80 persen jam menggunakan sistem digital. Kenyataanya lagi, karyawan perusahaan Swiss dahulu delapan puluh ribu orang sekarang tinggal delapan belas ribu karyawan.

Setiap orang yang ada dalam Kristus, harus mengalami perubahan dalam hidupnya. Perubahan dalam arti menuju kehidupan rohani yang lebih baik dan positif. Perubahan memang sulit karena melawan arus dari kebiasaan lama menuju kebiasaan yang baru. Paulus mengatakan, “Kamu harus menanggalkan manusia lama dan mengenakan manusia yang baru yang telah diperbaharui di dalam roh dan pikiranmu”(Gal. 4:22-23). Yang membentuk manusia lama yaitu kebiasaan-kebiasaan buruk yang kita lakukan dulu. Sebaliknya, jika kita mau berubah menjadi manusia baru, kembangkan kebiasaan-kebiasaan baru yang sesuai dengan kebenaran dalam ay. 25-32. Sudahkah Anda mengalami perubahan sebagai manusia baru?

Refleksi Diri
1. Apakah yang dimaksud “manusia lama” oleh Rasul Paulus?
2. Apa yang harus dilakukan untuk menjadi manusia baru?

Pokok Doa
Tuhan, tolong aku untuk mengembangkan kebiasaan rohani agar aku berubah menjadi manusia yang baru.

Kata - Kata Bijak
Roh kudus akan memampukan kita untuk menjadi manusia baru.

Yang Harus Dilakukan
Saat ini bangunlah satu kebiasaan baru yang terarah kepada karakter Kristus.

No comments: