Wednesday, March 09, 2016

PERBEDAAN RESPON DAN REAKSI

Rabu, 9 Maret 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yesaya 30:1-17

Bacaan Alkitab satu tahun
Lukas 17:1-19 ; Amsal 3-5

Ayat Hafalan
Yesaya 30:15, Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan,  dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu." Tetapi kamu enggan,...”

Renungan Inspirasi
Reaksi dan respons keduanya muncul karena sesuatu yang dari luar diri kita. Menurut (KBBI) Reaksi dan respons adalah pola tanggap yang kita lakukan terhadap sesuatu tersebut. Untuk mempermudah memahami perbedaan dua kata tersebut, dapat kita lihat dari ilustrasi berikut ini: Sekali waktu ada sekelompok ibu-ibu yang sedang berkumpul. Tiba-tiba seekor kecoak terbang dan menghinggapi salah satu diantaranya. Ibu itu berteriak histeris dan melompat-lompat, dan ketika kecoak tersebut hinggap kepada wanita yang lain, sikap yang sama pun dilakukan. Hingga tiba seorang pemuda membiarkan kecoak itu menghinggapi bajunya, dengan perlahan dia menangkap kecoa tersebut dan membuangnya ke jendela.

Melalui ilustrasi tersebut kita bisa melihat, para ibu cenderung bereaksi sementara pemuda itu berespons. Reaksi lebih kepada naluri, sedangkan respons berhubungan dengan sikap. Kecoa, sebenarnya bukanlah masalah besar dibandingkan dengan tubuh manusia yang besar. Hanya mengenai respons dan reaksi yang dilakukan yang berbeda. Sebagai orang percaya, seringkali kita lebih dahulu menggunakan reaksi daripada respons. Kita begitu panik dan histeris dengan masalah yang kadang sebenarnya tidak begitu besar dibandingkan dengan penyertaan Tuhan dalam kehidupan kita. Nabi Yesaya dengan penuh keyakinan mengatakan(Yes. 30:15),“Dengan..tetap tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu”. Beresponslah tenang saat menghadapi masalah. Jangan terburu-buru dengan memberi reaksi panik dan takut, tapi katakan Tuhan lebih besar dari masalah itu.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang Yesaya nasihatkan kepada bangsa Israel?
2. Apa perbedaan dari respons dan reaksi?

Pokok Doa
Tuhan ajar aku untuk tetap tenang dalam menghadapi masalah yang datang.

Kata - Kata Bijak
Letak kekuatan orang percaya ada didalam Allah.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah merespons positif hal-hal negatif yang terjadi dalam hidup Anda.

No comments: