Friday, March 25, 2016

RESPON KETIKA SAUDARA KITA JATUH DALAM DOSA

Jumat, 25 Maret 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Galatia 6:1-10

Bacaan Alkitab satu tahun
Lukas 24:36-53 ; Kidung Agung 4-5

Ayat Hafalan
Galatia 6:1, “Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.”

Renungan Inspirasi
Sebagai orang percaya, kita seharusnya seperti keluarga yang penuh kasih dan peduli satu sama lain. Salah satu tanggung jawab kita sebagai anggota keluarga Allah adalah untuk menolong saudara kita yang terjatuh. Kita memang tidak mentolerir dosa yang diperbuat, namun kita juga tidak boleh untuk menghakimi. Kita harus mendoakan, mengingatkan serta membantu mereka yang jatuh untuk bangkit kembali.

Paulus secara khusus mengingatkan, “Kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut.”(Gal. 6:1). Kamu yang rohani maksudnya adalah mereka yang hidup dikendalikan oleh Roh Kudus dan dewasa secara rohani. Selanjutnya Paulus menyebutkan hendaklah memiliki sikap hati:
1. Sikap lemah lembut: Jangan menghakimi atau bersikap kasar. Tujuan kita bukanlah membuat mereka merasa bersalah dan semakin terluka, sebaliknya tunjukkan anugerah dan pengampunan yang dari Tuhan.
2. Kerendahan Hati: “Jangan pernah bersikap seolah-olah kita lebih baik dari mereka atau bersikap menggurui”. Namun rendahkan hati kita, dengan menyadari bahwa kita pun memiliki kelemahan. Setiap orang punya potensi untuk jatuh dalam dosa. Mari tunjukkan kedewasaan rohani dengan mengulurkan tangan pada mereka yang terjatuh.

Refleksi Diri
1. Apa respon Anda saat saudara Anda jatuh dalam dosa?
2. Hal apa saja yang harus dilakukan saat saudara Anda jatuh dalam dosa?

Pokok Doa
Tuhan, berikanlah hati sama seperti hati-Mu yang mengasihi orang yang berdosa.

Kata - Kata Bijak
Kasih Tuhanlah yang membuat kita bisa mengasihi orang lain.

Yang Harus Dilakukan
Bertindaklah lemah lembut dan peduli saat mengetahui Saudara yang lain jatuh dalam dosa.

No comments: