Monday, March 21, 2016

RESPONDING TO HIS INVITATION

Senin, 21 Maret 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 22:1-10

Bacaan Alkitab satu tahun
Lukas 22:47-71 ; Pengkhotbah. 4-6

Ayat Hafalan
2 Petrus 1:10, “Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung.”

Renungan Inspirasi
Pernahkah Anda membayangkan tiba-tiba mendapat undangan khusus untuk menghadiri jamuan makan bersama dengan presiden Jokowi di istana negara. Tentu saja dengan sangat gembira dan penuh kebanggaan, Anda langsung menyetujui dan pasti langsung memberikan kabar kepada pihak istana, bahwa Anda siap untuk hadir dalam jamuan makan tersebut. Anda akan menggunakan pakaian terbaik serta mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Mari kita bandingkan dengan cerita Yesus tentang perumpamaan mengenai “Hal kerajaan sorga”. “Hal Kerajaan Sorga seperti seorang raja yang mengadakan pesta anaknya. Ia mengirim hamba-hambanya untuk mengundang orang-orang ke pesta pernikahan anaknya, tetapi mereka menolak. Hingga dua kali mereka menolak undangan itu, bahkan ada yang diantaranya menganiaya dan membunuh hamba raja itu. Akhirnya raja itu marah dan membinasakan pembunuh-pembunuh itu. Raja akhirnya memberikan undangan kepada mereka yang tidak layak untuk diundang datang. Pergilah ke jalan-jalan dan undang mereka siapapun yang mau. Tahukah Saudara, undangan ketiga ditujukan kepada kita? Yesus mau kita yang tidak layak diundang agar hadir dalam pesta Anak Domba. Kita yang berdosa dipanggil untuk bersama dengan Dia dalam pesta paling penting yang dirayakan langit dan bumi. Maukah anda meresponi undangan Dia? Mari kenakanlah pakaian pesta yaitu hidup seturut dengan Firman-Nya.

Refleksi Diri
1. Apa yang Tuhan inginkan dari kita yang tidak layak menerima undangan-Nya?
2. Hal apa saja yang bisa diterima saat Anda menghadiri undangan-Nya?

Pokok Doa
Tuhan Yesus, terima kasih telah mengundang aku yang tidak layak untuk masuk dalam kerajaan-Mu.

Kata - Kata Bijak
Banyak yang dipanggil, sedikit yang dipilih, lebih sedikit lagi yang setia.

Yang Harus Dilakukan
Responilah panggilan untuk bersama Yesus dalam kerajaan-Nya serta layanilah Dia dengan sungguh-sungguh.

No comments: