Thursday, April 07, 2016

BELAJAR MENGENDALIKAN PERKATAAN

Kamis, 7 April 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yakobus 3:1-17

Bacaan Alkitab satu tahun
Yesaya 28-29 ; Ibrani 9

Ayat Hafalan
Yakobus 3:5, “Pujilah  TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!”“Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegah- kan  perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar.”

Renungan Inspirasi
Pada bulan Juni 2002, kebakaran Hayman memusnahkan lebih dari 54.800 hektar hutan pegunungan yang menawan di Colorado. Asap akibat kebakaran itu menggelapkan langit, dan menyesakkan penduduk kota yang tinggal 64 kilometer jauhnya dari tempat tersebut. Ribuan orang mengosongkan rumahnya, bahkan dampak dari hal itu, jutaan dolar dihabiskan untuk melawan lautan api yang hampir menghabiskan setengah pegunungan di Colorado. Ketika diwawancara oleh salah satu media, salah seorang warga memberikan komentar bahwa penyebab dari kebakaran karena seorang remaja telah membuang puntung rokoknya sembarangan ke rumput kering di sekitar pegunungan. Sungguh ironis, hanya karena sebuah api kecil dari puntung rokok mengakibatkan semua warga Colorado mengalami masalah yang begitu besar .

Percikan kecil, akan menimbulkan kebakaran besar. Demikianlah Yakobus menggambar- kan kerusakan yang disebabkan oleh kata-kata yang kita ucapkan dengan sembrono dan kurang hati-hati (Yak 3:5-6). Dalam keluarga apabila perkataan kita tidak belajar dikendalikan, maka akan mengakibatkan hubungan diantara suami dan isteri dan anak-anak menjadi tidak kondusif. Ucapan hasutan yang dikeluarkan karena kekesalan mengakibatkan pertengkaran hebat. Cara terbaik untuk menghindarkan nyala kemarahan adalah menahan diri untuk tidak menyalakan api dari kata-kata. Dari sekian banyak kata-kata yang gratis, pilihlah kata-kata yang tepat dan baik untuk disampaikan kepada orang lain.

Refleksi Diri
1. Hal-hal apa saja yang diajarkan Yakobus mengenai perkataan?
2. Bagaimana cara mengendalikan kata-kata Anda sebelum berucap?

Pokok Doa
Biarlah hikmat-Mu turun dalam hidupku untuk dapat berkata-kata berkat bagi orang lain.

Kata - Kata Bijak
Perkataan hanya selalu bermanfaat apabila dipikirkan terlebih dahulu.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah memilih kata-kata yang tepat saat berucap.

No comments: