Wednesday, April 27, 2016

BERHENTI MERATAPI KEGAGALAN

Rabu, 27 April 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 30:9-13

Bacaan Alkitab satu tahun
Yeremia 12-14 ; Yohanes 1:1-28

Ayat Hafalan
Mazmur 30:12, “Aku yang meratap telah Kauubah menjadi orang yang menari-nari, kain kabungku telah Kaubuka, pinggangku Kauikat dengan sukacita,”

Renungan Inspirasi
Dalam buku School of Life 2, dikisahkan tentang seorang tua yang berjalan melewati segerombolan pemuda. Para pemuda itu memanggil si kakek tua ini dan meminta untuk diajari kehidupan agar berhasil, karena mereka hidup berantakan dan tidak pernah mengalami keberhasilan seperti orang lainya. Lalu si kakek bercerita, para pemuda itu tertawa perpingkal-pingkal karena cerita si kakek sangat lucu. Setelah itu si kakek mulai cerita lagi hal yang sama, kali ini hanya separuh pemuda yang tertawa. Si kakek mulai bercerita lagi untuk ketiga kalinya cerita yang sama, kali ini tidak ada yang tertawa. Mereka bahkan bertanya kepada kepada si kakek, kenapa bercerita yang sama dan terlihat konyol. Si kakek menjelaskan, “Kalau kalian tidak tertawa untuk cerita yang sama, kenapa kalian meratapi dan menyesali permasalahan yang sama tiap hari?” Bukankah kalian cukup meratapinya sekali saja dan bangkit untuk keesokan harinya?” Terkejutlah para pemuda itu menyadari nilai kehidupan yang kakek katakan.

Tuhan Yesus pernah mengajarkan bahwa jangan pernah kuatir akan hari esok, karena hari esok memiliki kesusahannya sendiri (Matius 6:34). Salah satu hal yang menghambat pertumbuhan orang percaya adalah ketika dia mulai kuatir bahwa kegagalannya di hari ini akan berlanjut di keesokan harinya. Kegagalan apa yang telah kita alami? Gagal dalam bisnis dan pekerjaan? Gagal memilih jodoh? Mengurus keluarga? Merasa gagal lagi menjadi anak Tuhan yang baik? Atau jenis–jenis kegagalan lainnya? Tak peduli sebesar apapun kegagalan kita, berhentilah meratapi masalah yang sudah terjadi. Bangkitlah kembali, ada Tuhan yang pegang hari esok!

Refleksi Diri
1. Apa yang harus Anda lakukan bila kegagalan terjadi?
2. Langkah-langkah apa yang harus kita lakukan untuk bangkit?

Pokok Doa
Tuhan aku bersyukur pada-Mu karena Engkau yang memegang hari esok.

Kata - Kata Bijak
Orang yang berhasil adalah orang yang tidak menyerah ketika mengalami kegagalan.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah tanggalkan perasaan gagal yang terjadi kemarin.

No comments: