Sunday, April 03, 2016

BUDAYA SALING MEMBERI DUKUNGAN

Minggu, 3 April 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Roma 15:1-7

Bacaan Alkitab satu tahun
Yesaya 17-19 ; Ibrani 5

Ayat Hafalan
Roma 15:1,“Sesungguhnya, orang bodoh dibunuh oleh sakit hati, dan orang bebal dimatikan  oleh iri hati.” “Kita, yang kuat, wajib menanggung kelemahan orang yang tidak kuat dan jangan kita mencari kesenangan kita sendiri.”

Renungan Inspirasi
Jackie Robinson adalah orang Afrika-Amerika yang pertama kali bermain di Major League Baeball. Ia diminta oleh Rickey, presiden Broklyn Dodger untuk bermain di Dodger. Rickey tahu keputusannya akan membuat orang kulit putih marah. Saat itu masih ada pemisahan antara orang kulit hitam dan putih. Ketika Jackie mulai bergabung, ia mengalami penghinaan dan penolakan. Dalam sebuh pertandingan, ia disuruh keluar oleh penonton. Mereka mengatakan bisbol hanya untuk kulit putih. Rickey yang seorang kulit putih merespon kejadian itu secara luar biasa. Ia berdiri di samping Jackie dan merangkulnya dengan hangat sehingga penonton terdiam. Jackie akhirnya menjadi bersemangat untuk bermain gemilang. Akhirnya Jackie memenangkan beberapa penghargaan selama karirnya. “Tangan dan rangkulan” Rickey menyelamatkan karier bisbol Jackie.

Rasul Paulus memberi nasihat agar orang yang kuat menanggung yang lemah demi kebaikannya untuk membangunnya (ayat 1-2). Kita harus saling menerima sama seperti Krsitus telah menerima kita. Kita diingatkan, sebagai murid Tuhan, kita perlu menjadi saudara yang baik untuk merangkul orang lain yang membutuhkan dukungan kita. Dalam komunitas gereja, kita mungkin menemukan orang-orang minder atau susah bersosialisasi. Jadilah sahabat yang bisa menerima bahkan mendorong mereka dalam iman, ajaklah mereka untuk terlibat dalam melayani Tuhan. Jadikan merangkul dan mendorong orang lain sebagai budaya Kerajaan Allah yang terus kita kembangkan.

Refleksi Diri
1. Apakah nasihat Paulus untuk jemaat yang ada di Roma (Roma 15:1)?|
2. Hal apa saja yang Anda perlu lakukan bagi Saudara Anda ?

Pokok Doa
Tuhan jadikan aku tangan-Mu yang mau merangkul dan mendorong orang lain

Kata - Kata Bijak
Apa yang telah kita alami dari Tuhan, lakukanlah hal yang sama kepada orang lain.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah memperhatikan dan mendorong orang lemah yang Anda temui hari ini.

No comments: