Tuesday, April 19, 2016

BULUH YANG TERKULAI

Selasa, 19 April 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 12:1-21

Bacaan Alkitab satu tahun
Yesaya 56-58 ; 1 Petrus 1

Ayat Hafalan
Matius 12:20, “Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskan-Nya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkan-Nya, sampai Ia menjadikan hukum itu menang.”

Renungan Inspirasi
Pada mulanya, kala orang melihat Oscar Cervantes, kebanyakan orang berkata, “Dia tidak mungkin bertobat. Tidak ada harapan baginya untuk mengalami perubahan.” Begitulah sepintas tanggapan orang yang mengenal Oscar Cervantes yang dipenjara 17 kali karena melakukan berbagai kekerasan dan kejahatan. Para psikiater yang melayani para tahanan menyatakan bahwa kondisi Oscar sudah tidak tertolong lagi. Ternyata mereka keliru. Ketika terbebas dari penjara, Oscar bertemu dengan orang tua yang bersaksi kepadanya mengenai Kristus. Oscar memutuskan untuk beriman kepada Kristus, dan ia berubah menjadi orang yang lemah lembut. Ia merintis pelayanan penjara di Soledad, California, Amerika Serikat.

Selama Yesus melayani di dunia, nubuatan Nabi Yesaya mengenai Yesus digenapi (Yesaya 42:3). Yesus datang untuk membebaskan orang yang terikat dan memberikan harapan bagi yang putus asa. Anugerah Allah telah merubah begitu banyak kehidupan. Di tangan-Nya, orang biasa menjadi luar biasa. Orang berdosa menerima pengampunan dan diubahkan. Setiap kali kita melihat seseorang yang seperti buluh yang terkulai, mari jangan menyerah. Sumbuh yang pudar nyalanya bukan berarti pasti mati. Orang yang penuh dengan dosa, bukan berarti tidak mungkin berbalik arah. Teruslah berdoa bagi mereka, berilah kesempatan kepada mereka. Nantikan Tuhan yang akan mengubah hidupnya.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang diajarkan Yesus kepada kita?
2. Sikap apa yang harus Anda berikan kepada orang berdosa?

Pokok Doa
Tuhan aku percaya masih banyak orang- orang yang perlu dijamah oleh Kasih-Mu, jadikan aku alat-Mu.

Kata - Kata Bijak
Setiap keterbatasan dalam diri kita dapat dipakai Tuhan untuk kemuliaan-Nya.

Yang Harus Dilakukan
Sentuh dengan kasih Tuhan mereka yang masih hidup di dalam dosa.

No comments: