Monday, April 04, 2016

CINTA YANG BERKORBAN

Senin, 4 April 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Efesus 5:22-32

Bacaan Alkitab satu tahun
Yesaya 20-22 ; Ibrani 6

Ayat Hafalan
Efesus 5: 25, “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.”

Renungan Inspirasi
Eko Pratomo Suyatna, Direktur Fortis Asset Management sangat terkenal di kalangan pasar Modal dan Investment. Di usia 58 tahun kesehariannya diisi dengan merawat isterinya dengan penuh cinta. Awal cobaan dimulai setelah istrinya melahirkan anak ke-empat, tiba-tiba kakinya lumpuh dan tidak bisa digerakkan. Suyatna dengan penuh cinta merawatnya dengan begitu setia setiap hari. Walaupun istrinya hanya bisa memandang tanpa mampu menanggapi, Suyatna cukup senang, bahkan dia selalu menggoda isterinya setiap berangkat tidur. Rutinitas ini telah dilakukan selama lebih dari 25 tahun, dengan sabar dia merawat sambil membesarkan ke-4 buah hati mereka. Pada saat anak-anaknya sudah berhasil, mereka memohon untuk mengambil alih tugas Suyatno mengurus ibu mereka. Namun Suyatna dengan lembut menolak mereka. Baginya mengagungkan cinta dalam pernikahan adalah kesia-siaan jika tanpa dibarengi dengan pengorbanan.

Alkitab mengajarkan bahwa suami dan istri harus saling mengasihi. Bahkan Paulus meng- gambarkan taraf kedalaman dalam mengasihi yaitu, sama seperti Kristus mengasihi jemaat dengan mengorbankan diri-Nya sendiri (Efesus 5:29). Tuhan menghendaki suami dan isteri tak terpisahkan oleh apapun selain oleh maut atau kematian. Dalam suka duka, dalam kaya miskin, dalam sehat maupun sakit, suami istri harus tetap mengasihi. Tak peduli apapun keadaan pasangan kita saat ini, mari mintalah Roh Kudus memampukan kita untuk terus mempraktekkan kasih yang telah Yesus ajarkan. Keluarga yang dewasa dalam pernikahan, pasti menghasilkan buah pengorbanan. Refleksikan cinta kita kepada Tuhan dengan terus mengasihi pasangan kita.

Refleksi Diri
1. Apa yang Paulus tekankan dalam tulisan- nya mengenai suami dan isteri?
2. Seberapa dalam taraf kita mengasihi pasangan kita?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih buat pasangan yang telah Engkau berikan kepadaku.

Kata - Kata Bijak
Pengorbanan adalah bukti dari kasih yang sejati.

Yang Harus Dilakukan
Ucapkanlah kata cinta dengan tulus kepada pasangan Anda.

No comments: