Saturday, April 02, 2016

MEMAKAN BUAH DARI KESOMBONGAN

Sabtu, 2 April 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yakobus 4:6-10

Bacaan Alkitab satu tahun
Yesaya 14-16 ; Ibrani 4

Ayat Hafalan
Yakobus 4:10, “Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu.”

Renungan Inspirasi
Berikut ini kisah tentang beberapa orang yang sombong. Tancredo Neves (Presiden Brazil) pada saat ia melakukan kampanye, ia berkata bila ia mendapat 500.000 suara dari anggota partainya, maka tidak ada yang dapat mendepaknya dari posisi presiden.

“Bahkan Tuhanpun tidak!” Akhirnya, ia mendapat lebih dari 500.000 suara, tapi sehari sebelum peresmian jabatannya, ia mengalami sakit dan tiba-tiba nyawanya tidak terselamat- kan. Kisah selanjutnya mengenai sekelompok anak muda yang mabuk. Mereka menjemput seorang gadis, teman mereka, yang ditemani ibunya hingga masuk ke mobil. Karena sangat kuatir, sang ibu berkata, “Tuhan besertamu, puteriku.” Puterinya menjawab, “Boleh saja asalkan ia duduk di bagasi, karena di sini sudah penuh!” Beberapa jam kemudian dikabarkan, mobil yang ditumpangi puterinya mengalami kecelakaan fatal dan bentuknya tak dapat dikenali lagi. Anehnya bagasinya tetap utuh, bahkan telur di dalamnya tak ada satu pun yang pecah.

Dari kisah di atas, kita dapat merenungkan bahwa hal yang sangat fatal apabila kita merasa sama sekali tidak memerlukan Allah. Orang yang tinggi hati akan memakan buah dari kesombongannya. Godaan kesombongan kadang masuk dalam kehidupan seseorang bukan saat seseorang merasa dirinya lemah, melainkan saat ia merasa kuat. Yakobus mengingatkan dalam tulisannya, “Allah membenci orang yang sombong, tetapi mengasihi orang yang rendah hati”(Yak. 4:6). Hari ini mari kita hindari sifat tinggi hati. Rendahkan diri kita dihadapan Tuhan, maka Ia akan mengangkat hidup kita.

Refleksi Diri
1. Dosa apa yang membuat Allah marah dalam renungan ini?
2. Mengapa Anda perlu tetap rendah hati dan mengandalkan Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan biarlah aku tetap rendah hati dalam hal apapun dan selalu mengingat dari mana hambamu ini berasal.

Kata - Kata Bijak
Tinggi hati mendahului kehancuran.

Yang Harus Dilakukan
Rendahkan hati kita dengan melibatkan Tuhan dalam segala hal.

No comments: