Friday, April 08, 2016

MEMBERIKAN PENGAMPUNAN

Jumat, 8 April 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Lukas 23 :33-43

Bacaan Alkitab satu tahun
Yesaya 30-31 ; Ibrani 10:1-18

Ayat Hafalan
Kolose 3:13, “Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.”

Renungan Inspirasi
Pada bulan Februari 1993, seorang ibu yang bernama Mary Johnson kehilangan Laramuin Byrd yang berusia 20 tahun. Anaknya meninggal ditembak di kepala berkali-kali oleh seorang remaja berusia 16 tahun yang bernama Israel. Pada awal persidangan, Mary Jones sangat membenci dan ingin pembunuh anaknya mendapatkan hukuman mati agar mendapatkan balasan setimpal. Mary akhirnya menyerahkan kasus itu kepada pihak kepolisian. Mary Jones merelakan kematian anaknya dan memilih untuk mengampuni Israel. Pada saat bertemu Israel, Mary menyatakan bahwa dia telah mengampuni Israel karena kasih Tuhan memenuhi hatinya untuk mengampuni, saat dia berdoa berbulan bulan untuk meminta Tuhan menghukum Israel seberat mungkin.

Yesus Kristus pernah memberikan contoh bagaimana Ia mengampuni dosa manusia yang telah menyalibkan Dia (Lukas 23:43). Sebagai murid Kristus maka kita perlu belajar menerapkan hal ini dalam kehidupan iman kita. Ketika kita diperlakukan tidak adil oleh seseorang, difitnah, atau diserang dengan perkataan yang menyakitkan hati, apakah kita mau memaafkannya? Atau justru kita menyimpan dendam dan ingin membalasnya? Memang tindakan mengampuni orang lain tidaklah mudah, tetapi ketika kita merenungkan betapa hebat kasih Kristus yang telah mengampuni segala kesalahan kita, maka kita akan mengalami damai sejahtera yang memberi kita kekuatan untuk mengampuni.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang dilakukan Yesus saat manusia menyalibkan Dia?
2. Apa yang diperintahkan Yesus ketika seseorang menyakiti Anda?

Pokok Doa
Tuhan berikanlah hati yang dapat mengampuni orang yang bersalah kepadaku.

Kata - Kata Bijak
Mengampuni orang lain adalah syarat untuk kita diampuni Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Ampunilah orang yang bersalah kepada Anda.

No comments: