Wednesday, April 13, 2016

MENGAKUI DOSA

Rabu, 13 April 2016

Bacaan Alkitab hari ini
I Yohanes 1:5-10

Bacaan Alkitab satu tahun
Yesaya 41-42 ; Ibrani 13

Ayat Hafalan
1 Yohanes 1:9, “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.“

Renungan Inspirasi
Dalam buku How to Live 365 Days a Year, John Schindler menuliskan bahwa, “Tiga dari empat ranjang rumah sakit ditempati oleh orang yang menderita gangguan emosional” Ia menyimpulkan, “Stres emosional saat ini merupakan penyebab nomor satu timbulnya sakit-penyakit”. Lanjutnya dalam penguraiannya, lalu apa penyebab dari stres itu sendiri? Salah satunya yang paling menonjol adalah rasa bersalah, perasaan yang merasa tidak diampuni dari pasien, baik oleh orang yang berhubungan langsung dengannya maupun kepada nilai agama yang dianut.

Dahulu sering dipahami mengaku dosa adalah ketika kita menghadap Tuhan dan berdoa menyebutkan daftar dosa kita, menyesalinya, meminta ampun, dan bertobat dan berjanji tidak mengulanginya lagi. Akan tetapi selanjutnya, saat jatuh melakukan dosa lagi kita cenderung frustasi sehingga timbul perasaan tertekan dalam batin. Sebenarnya perlu kita ketahui bahwa kata “mengakui” (Yun. homologeo), ternyata memiliki pengertian mengucap- kan hal yang sama atau menyepakati. Mengakui dosa dengan demikian berarti menyepakati pernyataan Allah tentang dosa kita. Di dalam Kristus, Allah menebus kita dari dosa, satu kali untuk selama-lamanya (Ibrani 7:24-27). Tuhan memutuskan untuk tidak lagi mengingat-ingat dosa dan pelanggaran kita (Ibrani 8:12, 10:17). Jadi ketika kita mengakui dosa, maka Allah setia dan adil akan mengampuni segala dosa kita.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang Anda pahami mengenai mengakui dosa dalam surat Yohanes?
2. Apa yang harus Anda lakukan setelah mengakui dosa Anda kepada Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih karena mau mengampuni segala pelanggaran dan dosaku.

Kata - Kata Bijak
Kasih Kristus yang memungkinkan kita menerima pengampunan dosa.

Yang Harus Dilakukan
Terimalah pengampunan-Nya dengan hati tidak tertuduh dengan pelanggaran.

No comments: