Sunday, April 17, 2016

MENGHIBUR ORANG PERCAYA

Minggu, 17 April 2016

Bacaan Alkitab hari ini
2 Korintus 11:23-33

Bacaan Alkitab satu tahun
Yesaya 56-58 ; 1 Petrus 1

Ayat Hafalan
2 Tesalonika 2:16, ”Dan Ia, Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah, Bapa kita, yang dalam kasih karunia-Nya telah mengasihi kita dan yang telah menganugerahkan penghiburan abadi dan pengharapan baik kepada kita,”

Renungan Inspirasi
Dave Branon seorang penulis renungan Harian “Our Daily” memiliki buku-buku rohani yang menjadi best seller hampir di seluruh dunia. Ia dengan tulisannya memberi pertolongan rohani pada pembaca. Tetapi pada tanggal 06 Juni 2002, Mellisa puterinya berusia 17 tahun meninggal dalam sebuah kecelakaan. Akibat peristiwa itu, Dave tak bisa  menemukan kata-kata untuk membantu orang lain, saat dia sendiri membutuhkan dukungan. Namun, setelah beberapa bulan, Dave akhirnya berkata, “Allah tidak berubah, Dia tetaplah Bapa surgawi yang penuh kasih. Kuasa Roh Kudus-Nya memberi penghiburan dan kekuatan.” Dave sadar, Allah adalah satu-satunya Pribadi yang membuatnya utuh kembali. Itulah kesaksian Dave Branon yang ditulis tahun 2003 dan kesaksiannya dapat menghibur orang lain yang sedang dilanda kesusahan.

Rasul Paulus pernah bercerita dalam tulisannya mengenai penderitaannya. Ia mengalami kesakitan secara fisik maupun psikis saat melaksanakan tugas pelayanan (2 Kor. 11:23-33). Semuanya itu dapat dia lewati karena Roh Kudus senantiasa menghibur- nya di saat harapannya buntu. Sebagai orang percaya, kita masing-masing pasti pernah ada didalam pergumulan yang begitu berat. Tapi ingatlah, kita tidak akan pernah sendiri karena Roh Kudus akan datang dan menghibur kita. Penghiburan Roh Kudus memberi kekuatan kepada kita yang tak berdaya.

Refleksi Diri
1. Hal-hal apa saja yang pernah dialami Paulus dalam pelayanan?
2. Siapakah Pribadi yang dapat senantiasa menyertai dan menghibur Paulus?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih telah memberikan Roh Kudus sebagai penghibur dalam hidupku.

Kata - Kata Bijak
Penghiburan sejati hanya datang dari Roh Kudus.

Yang Harus Dilakukan
Biasakanlah diri untuk mengawali hari dengan memohon pimpinan Roh Kudus

No comments: