Friday, April 15, 2016

MENJAGA KEUTUHAN KELUARGA

MENJAGA KEUTUHAN KELUARGA

Jumat, 15 April 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 19:1-12

Bacaan Alkitab satu tahun
Yesaya 45-46 ; Yakobus 2

Ayat Hafalan
Matius 19:6, “Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”

Renungan Inspirasi
Setiap tanggal 21 Juni bangsa Indonesia menetapkan sebagai Harganas (Hari keluarga Nasional). Momentum Harganas selalu digunakan sebagai perenungan kembali mengenai fungsi keluarga, unit terkecil sebuah bangsa yang diharapkan sebagai jawaban terbaik dalam tantangan hidup yang makin kompleks. Data dari BBPKN pada tahun 2013, Indonesia menempati urutan tertinggi angka perceraian di Asia Pacific. Bahkan data terakhir diantara tahun 2012 hingga 2013 ditemukan, Indonesia hampir tiap jam terjadi 40 perceraian. Sungguh hal yang mencengangkan dan diluar perkiraan semua orang. Disinyalir masalah perceraian yang meningkat bukan hanya terjadi di kalangan yang belum kenal Tuhan, tetapi bahkan di lingkungan orang Kristen pun mulai meningkat.

Sebagai keluarga Kristen tentu kita perlu berdoa untuk hal ini dengan sungguh-sungguh. Keluarga yang utuh, langgeng adalah impian dari semua orang, tetapi jika kita memilih pasangan secara serampangan kemungkinan perceraian akan terjadi. Yesus pernah berkata bahwa pernikahan adalah seumur hidup, hanya maut yang dapat memisahkannya (Matius 19:7-8). Sebagai orang percaya jagalah keutuhan dalam rumah tangga, marilah terus melibatkan Tuhan dalam setiap keputusan. Apabila ada masalah, segeralah dikomunikasikan dan diselesaikan. Mengutip dari Ruth graham, “Pernikahan adalah persatuan dari dua orang pemberi maaf.” Berilah ruang salah bagi pasangan demi untuk menjaga keutuhan keluarga.

Refleksi Diri
1. Hal-hal apa saja yang diajarkan Yesus mengenai Pernikahan?
2. Mengapa Anda perlu menjaga keutuhan keluarga?

Pokok Doa
Tuhan aku mempercayakan pasanganku kepada-Mu di manapun dia berada.

Kata - Kata Bijak
Keluarga adalah gambaran hubungan antara Allah dan manusia yang harus dipelihara.

Yang Harus Dilakukan
Berkomunikasilah dengan pasangan Anda dengan kasih Tuhan.

No comments: