Tuesday, April 26, 2016

MOTIVASI DALAM MELAYANI

Selasa, 26 April 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yohanes 21: 15-19

Bacaan Alkitab satu tahun
Yeremia 8-11 ; 2 Petrus 3

Ayat Hafalan
Yohanes 21:17, Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku? “ Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku.”

Renungan Inspirasi
Salah satu kutipan yang terkenal dari dalam buku My Utmost for His Highest, Oswald Chambers menulis, “Jika kita melayani demi manusia, kita akan mudah jatuh dan patah hati, tetapi jika motivasi melayani untuk Allah karena kasih, kita akan melayani sesama dengan ucapan syukur.” Terkadang dalam hal melayani kita akan menemukan banyak alasan untuk tidak lagi menyelesaikan tugas pelayanan.  Contoh alasannya: Saya sepertinya tidak ada waktu lagi melayani. Saya tidak cocok lagi dengan pemimpin saya atau tidak cocok lagi dengan sesama pelayan. Biarlah yang muda saja melayani, saya sudah tua tidak tepat melanjutkan pelayanan lagi. Serta alasan-alasan klasik lainnya yang biasa kita dengar. Dalam gereja kita banyak menemukan hal ini. Sehingga orang yang tadinya sangat bersemangat melayani, akhirnya bisa mundur dan berhenti karena bertemu dengan masalah.

Dalam salah satu percakapan terakhir Yesus dengan Petrus, Ia berkata kepadanya, “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku? Petrus menjawab, Tuhan Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau. Lalu Yesus berkata, “Gembalakanlah domba-dombaku”. Yesus sebenarnya ingin memberikan pengertian kepada Petrus kalau nanti ingin melayani Dia, dasar motivasi utamanya haruslah karena mengasihi Dia. Seringkali kita sebagai orang percaya lupa hal ini, sehingga melayani telah menjadi bentuk rutinitas. Hari ini mari kita periksa lagi motivasi hati kita dalam melayani Tuhan. Pastikan kita menemukan dalam hati satu alasan yang benar untuk melayani, yaitu karena kita mengasihi Tuhan Yesus.

Refleksi Diri
1. Nasihat apa yang dikatakan oleh Yesus kepada Petrus mengenai melayani?
2. Apakah alasan Anda masih melayani Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan ajar aku untuk tetap setia melayani, karena aku mengasihi Engkau

Kata - Kata Bijak
Mengasihi Kristus berarti melayani Dia.

Yang Harus Dilakukan
Periksalah motifasi apa yang membuat kita melayani.

No comments: