Friday, April 01, 2016

PERAN ROH KUDUS YANG DIJANJIKAN

Jumat, 1 April 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yohanes 14:16-21

Bacaan Alkitab satu tahun
Yesaya 11-13 ; Ibrani 3

Ayat Hafalan
Yohanes 14:16, “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang penolong yang lain, supaya ia menyertai kamu selama- lamanya.”

Renungan Inspirasi
Renungan kita kali ini membahas mengenai janji Tuhan Yesus kepada para murid. Yesus berjanji akan memberikan seorang “penolong yang lain” ketika Dia sudah tidak bersama- sama lagi dengan para murid. Kata “Penolong” berasal dari kata Yunani paraklektos yang bisa berarti “Penolong, Penghibur, Pembela, atau seorang yang selalu mendampingi”. Sedangkan kata “Yang Lain” berarti Roh Kudus menggantikan posisi Tuhan Yesus dalam hubungan dengan murid-murid-Nya. Pada saat Yesus masih bersama dengan para murid, mereka dapat mengandalkan Tuhan Yesus dalam menghadapi setiap permasalahan yang mereka alami. Namun saat Yesus sudah tidak lagi bersama mereka, Roh Kuduslah satu-satunya tempat mereka bergantung untuk menjalani tugas pelayanan mereka. Janji Yesus digenapi dengan memberikan Roh Kudus sebagai penolong (Kis 1:8).

Pada masa kini, kita tidak mengalami kehadiran Tuhan Yesus secara fisik, akan tetapi Roh Kudus yang dijanjikan berlaku juga kepada kita. Tuhan Yesus mengerti bahwa kita tidak akan mampu menjalani iman percaya kita seorang diri. Firman Tuhan menyatakan bahwa masa kita akan semakin sukar, kejahatan akan semakin bertambah, orang akan melupakan Firman Tuhan dan lebih menuruti keinginan pribadi (2 Tim 3:1-9). Di tengah keadaan dunia yang gelap saat ini, sangat tidak memungkinkan untuk kita bisa hidup dalam kebenaran-Nya. Itu sebabnya Dia mengutus Roh Kudus untuk menolong kita. Membantu kita dalam segala kelemahan dan keterbatasan sebagai manusia. Janganlah takut menjalani kehidupan ini melainkan bersandarlah kepada pimpinan Roh Kudus, karena itulah yang Tuhan inginkan.

Refleksi Diri
1. Siapakah yang dimaksud penolong yang lain?
2. Apakah fungsi hadirnya Penolong Yang Lain bagi Anda?

Pokok Doa
Tuhan, terima kasih untuk Roh Kudus yang menolongku selama aku hidup.

Kata - Kata Bijak
Peran Roh Kuduslah yang membuat kita hidup dalam kemenangan.

Yang Harus Dilakukan
Hari ini berjalanlah dengan tuntunan Roh Kudus dalam melewati hari.

No comments: