Sunday, April 10, 2016

PIMPINAN ROH KUDUS

Minggu, 10 April 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Kisah para rasul 16:4-12

Bacaan Alkitab satu tahun
Yesaya 34-36 ; Ibrani 11:1-19

Ayat Hafalan
Yohanes 16:13, “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh  kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya  sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya  itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal  yang akan datang.”

Renungan Inspirasi
Diantara para pelaut kuno, suku Viking tergolong ulung dan pemberani. Dengan sampan mungil, mereka mengarungi Samudera Atlantik Utara dan berlayar ke tempat yang jauh. Diduga, berabad-abad sebelum Colombus, mereka telah menjelajahi lautan menuju benua Amerika. Columbus sudah memiliki kompas sebagai penunjuk arah. Apa penunjuk arah bagi para viking ini? Menurut legenda, mereka menggunakan burung gagak saat kehilangan arah, mereka melepaskan seekor burung gagak ke udara. Burung gagak itu secara naluriah akan mengarah ke daratan sehingga para pelaut Viking tinggal mengikutinya.

Awalnya Paulus, Timotius, dan Silas berencana memberitakan Injil ke Asia, tetapi Roh Kudus mengcegah mereka (ay.6). Di titik itu pun mereka masih belum tentu tujuan selanjutnya. Mereka hanya berjalan hingga tiba di Misia, hendak masuk ke Bitinia. Sekali lagi, Roh Yesus tidak mengijinkan mereka masuk kesana (ay.7). Mereka berhenti di Troas, sambil menunggu petunjuk Tuhan. Dalam sebuah penglihatan, Tuhan memanggil mereka untuk memberitakan Injil di Makedonia (ay.10). Demikian juga dalam pelayaran hidup kita sebagai orang percaya, kadang kita kehilangan arah dan tidak tahu kemana harus melangkah. Kita membutuhkan Roh Kudus untuk mengarahkan hidup kita. Mulailah bersandar kepada pimpinan Roh Kudus. Taatilah ketika Dia mencegah perjalanan kita; ikutilah ketika Dia menunjukkan arah. Hari ini, marilah kita mulai mengaktifkan kesadaran untuk selalu berjalan dalam arahan-Nya, agar kita tidak tersesat dalam hidup ini.

Refleksi Diri
1. Apa yang dialami oleh Paulus dan kawan-kawan dalam perjalanan mereka?
2. Apa yang harus kita lakukan dalam perjalanan hidup kita?

Pokok Doa
Roh Kudus pimpinlah arah kapal kehidupanku, agar aku tidak tersesat.

Kata - Kata Bijak
Kadang bahaya yang tak terlihat oleh mata jasmani dapat terlihat oleh pimpinan Kuasa

Yang Harus Dilakukan
Mulailah hari ini dengan meminta tuntunan Roh Kudus dalam seluruh aktifitas kita.

No comments: