Thursday, April 14, 2016

TETAP BERMEGAH DALAM SEGALA KETERBATASAN

Kamis, 14 April 2016

Bacaan Alkitab hari ini
2 Korintus 12:1-10

Bacaan Alkitab satu tahun
Yesaya 43-44 ; Yakobus 1

Ayat Hafalan
2 Korintus 12:10, “Karena itu, aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesengsaraan karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.”

Renungan Inspirasi
Seorang pengkhotbah berkomentar tentang Fanny Crosby, penulis ribuan himne yang buta sejak berusia 6 minggu. Ia menyayangkan Sang pencipta yang tidak mengarunia- kan penglihatan kepada Fanny, padahal Dia melimpahkan sedemikian banyak karunia lain kepada Fanny. Maklum, bakat Fanny sudah tidak diragukan lagi dan begitu menonjol melebihi orang yang mengalami cacat lainnya. Ia mampu menulis syair sejak 8 tahun. Pada usia 15 tahun, ia telah hafal lima Kitab Perjanjian Lama dan Empat kitab Perjanjian Baru. Bagaimana tanggapan Fanny? “Apakah engkau tahu bahwa jika saya mampu membuat sebuah petisi ketika saya lahir, maka saya ingin dilahirkan buta? Sebab bila saya tiba di surga, maka wajah yang pertama kali saya lihat adalah Juru selamat saya,” ujarnya. Sungguh mencengangkan!

Rasul Paulus pun pernah menyatakan bahwa dirinya lebih senang dan rela berada dalam kondisi lemah dan teraniaya. Dalam kelemahan, ia justru kuat. Dalam kelemahan, ia mendapat semakin banyak pernyataan kuasa Kristus (ay.9). Sebagai orang percaya, kita kebanyakan tidak suka hidup dalam kelemahan dan penderitaan. Ketika kita dijinkan Tuhan mengalami masalah hidup yang tak bisa selesai, biarlah kita tetap bermegah dalam segala keterbatasan kita, karena dalam kelemahan justru kuasa Tuhan dinyatakan. Dibalik semuanya itu, Tuhan bekerja melampaui apa yang kita pikirkan. Dengan demikian, kita dapat memuliakan Allah dalam segala keadaan kita.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang dialami Rasul Paulus saat dalam pelayanan?
2. Apa yang harus Anda lakukan saat mengetahui keterbatasan Anda?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih, Engkau tetap ada di segala keterbatasan yang Engkau ijinkan aku alami.

Kata - Kata Bijak
Setiap keterbatasan dalam diri kita dapat dipakai Tuhan untuk kemuliaan-Nya.

Yang Harus Dilakukan
Mengucap syukurlah karena semua keterbatasan yang dizinkan ada dalam hidup anda.

No comments: