Friday, April 29, 2016

TIDAK MENAHAN KEBAIKAN KEPADA ORANG LAIN

Jumat, 29 April 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Amsal 3:27-35
Bacaan Alkitab satu tahun
Yeremia 18-19 ; Yohanes 2

Ayat Hafalan
Amsal 3: 27, “Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya.”

Renungan Inspirasi
Albert Lexie adalah penyemir sepatu dari Monnes, Pennsyylvania, AS. Ia bukan tukang semir biasa, namun tukang semir yang secara dermawan menyumbangkan dana untuk badan amal. Ia bekerja di Rumah Sakit Anak di Pittsburg sejak awal 1980-an. Sampai
dengan Februari 2013, ia telah mengumpulkan uang senilai 200 ribu dolar (sekitar 2,6 miliar rupiah) dari uang tips selama bekerja dan menyumbangkan untuk dana perawatan bagi orang yang tidak mampu. Lexie kemudian mendapatkan sejumlah penghargaan, antara lain sebagai “All Stars Among Us” oleh majalah People. Terbit pula buku kisah hidupnya, berjudul Albert Kids; The Heroic Work of Shining Shoes for Sick Children.

Bacaan renungan Amsal kali ini mengajarkan kepada kita agar memiliki sikap perbuatan yang baik kepada orang lain (3:27). Perbuatan baik kepada sesama adalah bentuk luapan kasih Tuhan yang penuh di dalam hati, sehingga secara otomatis kita ingin melakukan perbuatan baik kepada orang lain. Kita dipanggil untuk melakukan perbuatan baik bagi mereka yang membutuhkan dan berhak menerimanya. Terkadang, alasan kita untuk tidak melakukan kebaikan dikarenakan kita merasa belum memiliki harta kekayaan yang berlimpah. Padahal dengan hal kecil kebaikan, asalkan dibungkus dengan ketulusan hati bisa berdampak besar bagi orang lain. Menjadi pertanyaan berapa besar berkat kebaikan yang telah kita terima dari Tuhan? Jika kasih Kristus memenuhi hati kita, tentu kita tidak akan menahan kebaikan kepada sesama kita.

Refleksi Diri
1. Mengapa Anda tidak boleh menahan kebaikan kepada orang lain?
2. Kebaikan apa saja yang telah Anda terima dari Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan penuhkan hatiku dengan kasih-MU agar aku tidak menahan kebaikan kepada orang lain.

Kata - Kata Bijak
Kasih bukanlah kata-kata tetapi perbuatan.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah hari ini memberikan kebaikan kepada orang lain yang membutuhkan.

No comments: