Friday, May 13, 2016

CHURCH IS MY FAMILY

Jumat, 13 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Efesus 2:11-22

Bacaan Alkitab satu tahun
Yeremia 51-52 ; Yohanes 9:1-23

Ayat Hafalan
Efesus 2:19, “Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,”

Renungan Inspirasi
Church is my family” demikianlah, Paul Betrix menutup kesaksiannya dengan mengucapkan terima kasih sambil berderai air mata di depan mimbar gereja di Church Unlimited Australia Central Coast, gereja yang digembalakan oleh Mark dan Darlene Zschech. Kesaksian Betrix dimulai ketika dia sedang mengalami pergumulan yang begitu berat, keluarganya mengalami musibah yaitu rumah mereka mengalami kebakaran. Kebakaran tersebut bukan saja menghilangkan harta benda serta aset masa depan mereka. Tetapi anak kedua dari keluarga Betrix ikut terpanggang di dalamnya. Saat-saat keterpurukan mereka, semua anggota jemaat dengan tindakan cepat memberi pertolongan serta memberikan dorongan iman kepada mereka. Jemaat tersebut menganggap keluarga Betrix bukan hanya anggota jemaat baru saja, tetapi Betrix adalah keluarga rohani mereka yang harus diperhatikan dan diberi topangan.

Rasul Paulus menuliskan bahwa setiap kita adalah anggota keluarga Allah yang lahir dan disatukan oleh pengorbanan Yesus di atas kayu salib. Kita telah menjadi satu keluarga besar dalam kerajaan Allah (Ay. 19). Banyak hal yang bisa kita terima ketika status kita menjadi anggota keluaga Allah. Keuntungannya pertama, kita diterima apa adanya tidak perlu memakai topeng apapun latar belakang kita. Kedua, kita dapat menerima kasih yang besar dari keluarga Allah lainnya. Kehidupan yang tadinya berat untuk dijalani akhirnya terasa ringan apabila kita memiliki keluarga rohani. Sebagai satu keluarga terkadang ada masalah yang terjadi, karena perbedaan karakter sesama anggota keluarga. Namun anggaplah hal itu sebagai bagian dari proses untuk saling mendewasakan kita.

Refleksi Diri
1. Mengapa gereja disebut sebagai keluarga?
2. Hal apa saja yang diterima sebagai anggota kerajaan Allah?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih, Engkau memberikan keluarga rohani bagiku untuk bertumbuh di dalam iman.

Kata - Kata Bijak
Keluarga adalah tempat dimana kita bisa merasa dikasihi dan belajar mengasihi.

Yang Harus Dilakukan
Jadilah anggota keluarga kerajaan Allah yang bisa menolong anggota keluarga lain.

No comments: