Monday, May 23, 2016

FILOSOFI SEORANG PENDATANG

Senin, 23 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
1 Petrus 2:11-17

Bacaan Alkitab satu tahun
Yehezkiel 18-19 ; Yohanes 14

Ayat Hafalan
1 Petrus 2:11, “Saudara-saudaraku yang terkasih, aku menasihati kamu, supaya sebagai pendatang dan perantau, kamu menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa.”

Renungan Inspirasi
Berdasarkan data Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) ada sekitar 4 juta pekerja imigran Indonesia yang bekerja di luar negeri pada tahun 2012. Malaysia, Taiwan, Hongkong, Singapura dan Arab Saudi adalah lima negara tujuan utama mereka. Di luar itu, orang Indonesia tersebar ke berbagai penjuru dunia sebagai perantauan, baik untuk bekerja maupun untuk sekolah. Hidup sebagai perantau, khususnya bagi mereka yang berencana untuk kelak kembali ke tanah air, memiliki setidaknya dua keunikan. Yang pertama, pemahaman akan kesementaraan hidup mereka di tanah rantau. Yang kedua, kesadaran akan identitas mereka sebagai orang Indonesia. Kesadaran ini membuat mereka memilah-milah kebiasaan dan budaya tanah rantau sesuai dengan identitas ke-Indonesia-an mereka.

Kira-kira hal inilah yang hendak Petrus sampaikan dalam suratnya. Ia menganalogikan hidup Kristen sebagai seorang pendatang atau perantau di dalam dunia ini. Dan sifatnya hanyalah sementara dan tidak untuk tinggal selamanya (ay.11). Kita sebagai orang percaya saat ini pun sama, kita tidak perlu terikat dengan dunia ini sampai lupa akan “rumah sejati” kita di langit dan bumi baru yang sedang Tuhan siapkan. Yang kedua, identitas kita adalah umat Allah dan dipanggil untuk menjadi berkat. Karenanya, kita pun harus hidup sesuai dengan identitas tersebut. Artinya cara hidup kita pasti akan berbeda dengan mereka yang bukan umat Allah (ay.12-17). Hari ini renungkan beberapa pertanyaan ini: Selama ini bagaimana cara kita hidup dalam dunia ini? Masihkah melekat identitas umat Allah dalam diri kita? Sadarkah kita bahwa tidak selama-lamanya kita di dunia?

Refleksi Diri
1. Pesan apa yang disampaikan Petrus kepada jemaat (ayat 11-17)?
2. Apa yang harus kita lakukan sebagai seorang pendatang dalam dunia?

Pokok Doa
Tuhan kuatkan dan teguhkan iman percayaku selama aku di dunia ini.

Kata - Kata Bijak
Hanya kuasa Tuhanlah yang memampukan kita untuk menjadi pemenang sebagai perantau di dalam dunia.

Yang Harus Dilakukan
Menyadari diri sebagai pendatang dalam dunia ini.

No comments: