Wednesday, May 04, 2016

GEREJA ADALAH TUBUH KRISTUS

Rabu, 4 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
1 Korintus 12:12-27

Bacaan Alkitab satu tahun
Yeremia 30-31 ; Yohanes 5:1-23

Ayat Hafalan
I Korintus 12:12, “Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.”

Renungan Inspirasi
Suzanne Bloch, seorang  pemain biola terkenal latar belakangnya adalah imigran dari Jerman, ia adalah sahabat baik Albert Einstein. Mereka begitu dekat dan sering bercakap- cakap berbagai hal dalam hidup. Satu kali Suzane berkata bahwa Einstein adalah pemain biola yang hebat, tetapi ia sering membuat jengkel para pemusik lainnya karena tak bisa mengikuti ketukan irama. “Einsten tak bisa menghitung ketukan”. Ya, Einsten dengan kecerdasan- nya bisa merancang teori-teori revolusioner tentang alam semesta, tetapi ia ternyata bermasalah dalam menghitung irama. Meskipun memiliki keterbatasan, Einstein tetap seorang yang terkenal dengan kecerdasan di bidang yang lain.

Rasul Paulus pernah menuliskan kepada jemaat di Korintus,  bahwa Yesus adalah kepala gereja dan orang percaya adalah tubuh-Nya (ay.12-27). Sebagai anggota tubuh, kita terikat dan memiliki fungsi masing-masing. Digambarkan ada yang berfungsi sebagai tangan, ada yang berfungsi sebagai mata, ada yang berfungsi sebagai kaki dan anggota tubuh lainnya. Anggota tubuh lainnya tidak boleh menganggap salah satu lebih penting dari lainnya. Tiap kita memiliki peran masing-masing dengan karunia yang berbeda. Tuhan memandang semua jenis pelayanan sama pentingnya. Tidak semua kita cakap dalam berkhotbah atau mengajar atau memiliki suara yang indah seperti yang lain. Tapi ingatlah pelayanan begitu luas dan besar, banyak area pelayanan yang perlu di isi. Hari ini, sudahkah kita mengambil bagian dalam pelayanan? Apabila belum, mari ambil bagian dalam pelayanan yang sesuai dengan karunia yang kita miliki.

Refleksi Diri
1. Pesan apa yang disampaikan Rasul Paulus kepada jemaat (ayat 12-27)?
2. Apa yang harus Anda lakukan sebagai salah satu tubuh Kristus?

Pokok Doa
Tuhan mampukan aku untuk menemukan karunia yang Engkau berikan kepadaku.

Kata - Kata Bijak
Gereja adalah kumpulan orang yang berbeda-beda karunia yang melayani Tuhan yang sama.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah memaksimalkan karunia dan talenta dalam pelayanan.

No comments: