Saturday, May 07, 2016

GEREJA HARUS MEMBAWA BANYAK MANFAAT

Sabtu, 7 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 5:13-17

Bacaan Alkitab satu tahun
Yeremia 37-39 ; Yohanes 6:25-40

Ayat Hafalan
Matius 5:13, "Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.”

Renungan Inspirasi
Dalam salah satu penjelajahannya menuju dunia baru, Christopher Colombus menemukan sebuah pohon yang aneh. Pohon ini memiliki buah bulat yang membal seperti bola. Nama Indiannya adalah Caoutchouch  “kayu yang menangis”. Pohon ini diberi nama demikian karena mengeluarkan getah yang menyerupai air mata. Seiring zaman, orang menemukan bahwa getah ini bisa digunakan sebagai penghapus (rub out) tulisan pensil. Dari sinilah didapatkan nama ‘rubber’ (karet). Pada tahun 1830-an ditemukan kembali bahwa karet tahan terhadap suhu yang sangat rendah apabila kandungan belerangnya dibersihkan dan dijadikanlah ban mobil. Bahkan akhirnya ditemukan ada begitu banyak kegunaan lainnya dari pohon karet.

Sama seperti karet yang memiliki banyak manfaat, demikian pula gereja hadir harus membawa banyak manfaat bagi dunia ini. Kita dipanggil untuk menjadi garam, artinya hidup kita membawa dampak positif yang dapat dirasakan oleh orang-orang di sekeliling kita. Kita adalah gereja. Tuhan menghendaki kita memberi pegaruh bagi semua aspek kehidupan. Kita dapat melayani dan berdampak sebagai seorang dokter, fotografer, insinyur, politisi dan berbagai profesi lainnya. Garam begitu penting bagi manusia, konon ada ribuan manfaat dari garam bagi kehidupan. Bacaan kita hari ini mengingatkan bahwa apabila garam itu menjadi tawar, maka tidak ada gunanya lagi selain dibuang dan diinjak orang. Oleh karena itu, teruslah berdampak agar hidup kita berarti dan dihargai oleh dunia ini.

Refleksi Diri
1. Apa yang Yesus katakan tentang status murid-murid-Nya (ay. 13)?
2. Apa yang Tuhan minta kepada Anda, untuk menjawab kebutuhan dunia saat ini?

Pokok Doa
Tuhan tolong aku untuk dapat menjadi garam bagi dunia ini.

Kata - Kata Bijak
Setiap orang percaya memiliki potensi untuk hidup berdampak bagi sekelilingnya.

Yang Harus Dilakukan
Pergunakan setiap kesempatan untuk berbuat baik bagi sesama.

No comments: