Thursday, May 26, 2016

GEREJA SEBAGAI RUMAH ROHANI

Kamis, 26 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
1 Petrus 2:1-10
Bacaan Alkitab satu tahun
Yehezkiel 24-26 ; Yohanes 17

Ayat Hafalan
1 Petrus 2:5,"Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembah- kan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah."

Renungan Inspirasi
Pada tahun 2010 Kingdom Tower di Jeddah, Arab Saudi resmi menjadi gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian satu kilometer. Gedung ini mengambil alih rekor Burj Khalifa di Dubai, Uni Arab Emirates (UAE) setinggi 828 meter. Dikabarkan oleh The Jedda Economic Company (JEC), fondasi yang dibangun diselesaikan dengan tempo setahun dengan menggunakan teknologi terkini. 270 tiang pancang berdiameter 1,8 meter, paku-paku bumi ditancapkan 105 meter di bawah permukaan tanah. Fondasinya diperkuat dengan lapisan baja setebal 4,5 hingga 5 meter. Baja-baja itu dipasangi teknologi anti-korosi yang menggunakan arus elektrik konstan atau yang dikenal dengan Cathodic Protection.
Rasul Petrus pernah memberikan gambaran bahwa orang percaya seperti sebuah ”bangunan” yang indah dengan fondasi bangunan yang sangat kokoh. Ia mengibaratkan setiap orang percaya sebagai “batu-batu hidup” (ay.5). Dan dasar batu penjuru ialah Yesus Kristus (ay.6-7). Artinya, sejak kita menerima dan percaya Yesus sebagai juru selamat, maka kita diajak melibatkan diri dalam pelayanan untuk pembangunan rumah rohani. Gereja lokal adalah rumah rohani. Banyak orang kurang memahami kebenaran ini dan akhirnya kurang mau terlibat jauh dalam melayani. Dengan berbagai alasan seperti: tidak memiliki waktu, atau belum siap untuk melayani, masih sibuk dalam pekerjaan. Padahal kita sebagai rumah rohani perlu segera dibangun untuk mempersiapkan kedatangan-Nya. Mari kita terlibat dengan berkontribusi dan berkomitmen untuk mendukung visi dan program dari gereja lokal. Pertanyaan yang perlu direnungkan, bagaimana peran Anda dalam gereja lokal? Apakah selama ini telah memberikan kontribusi dan partisipasi bagi gereja lokal?

Refleksi Diri
1. Siapakah batu-batu hidup yang dimaksud-kan oleh Rasul Petrus?
2. Apakah yang harus kita lakukan setelah menerima Yesus?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih telah memberikan kesempatan untuk terlibat dalam rumah rohani.

Kata - Kata Bijak
Kristus lah yang menjadi dasar dalam bangunan rohani seluruh orang percaya.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah terlibat dalam pelayanan yang sesuai dengan talenta dan karunia Anda.

No comments: