Sunday, May 22, 2016

GEREJA YANG BERBUAH

Minggu, 22 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
2 Timotius 2:1-7

Bacaan Alkitab satu tahun
Yehezkiel 16-17 ; Yohanes 13:21-38

Ayat Hafalan
2 Timotius 2:2, “Apa yang telah engkau dengar dariku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai, yang juga pandai mengajar orang lain.”

Renungan Inspirasi
Christian A. Schwarz, peniliti pertumbuhan gereja alamiah, mendapat pertanyaan yang mengubah pemikirannya tentang kehidupan yang berbuah. Donald McGravan, yang dihormatinya sebagai bapak pertumbuhan gereja, suatu ketika menanyainya, “Apakah buah sejati dari sebatang pohon apel? Dengan naif Schwarz menjawab, “Tentu saja buah apel.” Mcgravan tampaknya sudah menduga jawaban itu. “Salah,” katanya, kemudian terdiam sejenak penuh arti. “Buah sejati pohon apel bukan buah apel, melainkan pohon apel lainnya. Berbuah, dengan demikian, sebenarnya bukan sekedar menghasilkan buah, melainkan adalah melipatgandakan kehidupan yang serupa.”

Paulus pernah mengemukakan prinsip pelipatgandaan tersebut dalam hal pemuridan orang percaya. Ia mendorong Timotius agar tidak berpuas diri hanya mengajarkan kebenaran Firman Tuhan kepada jemaat yang dipimpinnya (ay.2). Anggota jemaat harus diperlengkapi sedemikian rupa, sehingga mereka bukan hanya memahami kebenaran yang diajarkan melainkan mampu mengajarkan dengan kapasitas yang sama kepada orang lain. Estafet pengajaran ini merupakan salah satu faktor yang menunjang pertumbuhan gereja. Tuhan merindukan setiap jemaat Tuhan untuk terlibat dalam proyek ini. Dengan demikian gereja Tuhan akan mengalami pelipatgandaan buah pelayanan, bukan hanya jiwa baru tetapi penuaian pemimpin rohani yang baru. Bagaimana dengan Anda saat ini, apakah sudah menghasilkan buah yang baru (pemimpin) bagi Tuhan?

Refleksi Diri
1. Nasihat apa yang disampaikan Paulus kepada Timotius (ay.2)?
2. Bagaimana cara gereja Tuhan berbuah- buah bagi Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan aku berdoa, mampukan aku untuk menciptakan pemimpin yang baru.

Kata - Kata Bijak
Pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang berhasil menciptakan pemimpin.

Yang Harus Dilakukan
Tergabunglah dalam proses pemuridan dalam gereja lokal Anda.

No comments: