Tuesday, May 17, 2016

GEREJA YANG MENCINTAI FIRMAN

Selasa, 17 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Kisah Para rasul 17:10-15

Bacaan Alkitab satu tahun
Yehezkiel 3-4 ; Yohanes 11:1-32

Ayat Hafalan
Kisah Rasul 17:11, “Orang-orang  Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.”

Renungan Inspirasi
Pada tahun 2002, George Barna seorang ahli pertumbuhan gereja, melakukan survei terhadap orang Kristen di Amerika. Ia ingin mengetahui pengetahuan mereka tentang Alkitab. Hasilnya: 48% responden tidak dapat menyebutkan nama kitab Injil; 52% tidak dapat menyebutkan lebih dari 3 nama murid Yesus; 60% tidak dapat menyebutkan 5 saja dari perintah Allah; 61% mengira bahwa khotbah di Bukit adalah khotbah Billy Graham. Bahkan 71% responden juga mengira bahwa kalimat, “Tuhan menolong mereka yang menolong dirinya sendiri” adalah sebuah ayat Alkitab. Kenyataan ini sukar diterima ketika mengingat perbuatan Allah yang pernah menggunakan negara barat untuk menjadi pembawa Injil ke negara-negara yang lain.

Dalam renungan hari ini, kita belajar dari cara hidup jemaat Berea yang membuka hati mereka untuk diajar tentang kebenaran (ay.11). Bahkan tak hanya membaca Firman, tetapi mereka menyelidikinya. Dari situ, mereka dapat menguji apakah ajaran yang mereka terima itu benar, bahkan hidup mereka berdampak menjadi berkat bagi orang non-Yahudi yang turut menjadi percaya (ay.12). Saat ini kita memiliki kemudahan dan kebebasan dalam membaca dan dan menyelidiki Firman Allah. Alkitab begitu bebas dijual bahkan aplikasi di dalam smartphone (handphone) begitu banyak pilihan dan banyak aplikasi Alkitab gratis yang bisa dipakai untuk menyelidiki Firman Tuhan. Ironis bila kita tidak membaca dan mempelajarinya. Belajarlah menjadi gereja yang mencintai Firman-Nya karena Allah rindu kita menerima berkat-berkat melalui Firman-Nya.

Refleksi Diri
1. Hal apa saja yang dilakukan jemaat Berea (ay.11)?
2. Mengapa Anda perlu mencintai firman Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan ampuni aku apabila saat ini aku tidak rutin membaca dan merenungkan firman-Mu.

Kata - Kata Bijak
No Bible No Rice. Tidak membaca Alkitab tidak akan makan.

Yang Harus Dilakukan
Ambillah keputusan untuk membaca Alkitab dengan teratur.

No comments: