Sunday, May 01, 2016

I LOVE MY CHURCH

Minggu, 1 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Efesus 1:1-23

Bacaan Alkitab satu tahun
Yeremia 22-23 ; Yohanes 3:22-38

Ayat Hafalan
1 Petrus 1:22, “Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.”

Renungan Inspirasi
Kata ‘gereja’ berasal dari bahasa Portugis ‘igreya’ dan dalam Alkitab kata aslinya adalah ‘ekklesia’ (Yun: ek= keluar, kaleo= memanggil) yang dapat diterjemahkan sebagai, ‘perkumpulan’ atau orang-orang yang dipanggil keluar oleh Kristus dari dalam kehidupan yang gelap masuk ke dalam terang Tuhan (1 Pet. 2:9-10). Jadi gereja adalah persekutuan jemaat Tuhan yang memiliki iman yang sama serta tujuan yang sama, yaitu menjadi sempurna seperti Yesus. Dalam bacaan di atas kita mendapatkan gambaran bahwa, Kristus adalah kepala Gereja (ay. 22) sedangkan jemaat adalah satu tubuh Kristus (ay. 23).

Setiap orang yang percaya kepada Yesus adalah bagian dari tubuh Kristus. Oleh karena itu, setiap orang percaya dipanggil untuk saling mengasihi dan memperhatikan satu sama lain. Inilah tandanya bahwa kita murid-murid Yesus yaitu jika kita saling mengasihi (Yoh. 13:35) sebagai saudara seiman. Inilah maksud dari tema bulan ini, I Love My Church. Namun selain mengasihi sesama saudara seiman, kita juga harus mengasihi gereja lokal dimana kita tertanam sebagai suatu wadah atau institusi yang Yesus dirikan (Mat. 16:18). Kita harus mendukung visi serta misi gereja lokal di mana kita berada dan berkomunitas. Kita akan memberi kontribusi serta berpartisipasi aktif untuk pertumbuhan serta perkembangan gereja, sesuai dengan visi khusus yang diberikan Tuhan kepada gereja kita.

Refleksi Diri
1. Siapakah kepala gereja yang dimaksud oleh rasul Paulus (Ef. 1:22)?
2. Apa yang harus Anda lakukan sebagai bentuk mengasihi gereja Anda?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih aku telah menjadi bagian dari gereja ini untuk bertumbuh dalam iman.

Kata - Kata Bijak
Gereja adalah wadah dimana kita bertumbuh dalam iman dan menemukan karunia Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah melayani Tuhan sebagai bentuk kasih kita kepada Tuhan.

No comments: