Friday, May 06, 2016

KESEMPATAN KEDUA

Jumat, 6 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Keluaran 3:1-22

Bacaan Alkitab satu tahun
Yeremia 34-36 ; Yohanes 6:1-24

Ayat Hafalan
1 Timotius 1:16, “Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku ini, sebagai orang yang paling berdosa, Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaran-Nya. Dengan demikian aku menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada-Nya dan mendapat hidup yang kekal.”

Renungan Inspirasi
Odessa moore mengunjungi rumah tahanan dan bertemu dengan seorang remaja yang akan menjalani sidang perdana karena kasus pembunuhan. “Ada seorang yang mengasihimu,“ kata Odessa padanya. “ Tidak mungkin. Tidak seorang pun, jawab remaja itu. “Kau ada disini karena pembunuhan, bukan?” tanya Odessa. Remaja itu mengangguk. “Tapi, bagaimana kalau seseorang datang kesini dan berkata, ‘Aku tahu kamu sudah membunuh, dan mereka akan menjatuhimu hukuman mati, tapi aku akan menggantikanmu’. Bagaimana kau suka itu?” tanya Odessa. “Kau pasti bercanda. Tapi, yah itu menyenangkan,“ kata si remaja. Odessa lalu bercerita tentang Yesus dan menjelaskan perihal dosa, pertobatan, pengampunan dan kebebasan dalam Kristus. Mendengarnya, si remaja menyambut kesempatan kedua untuk hidup bebas dari hukuman kekal.

Dalam Alkitab, Musa adalah pemimpin hebat. Tapi, hanya sedikit orang yang tahu bagaimana perasaannya dulu saat membunuh orang dan lari dari negerinya. Selama 40 tahun dalam pelarian, kita tidak tahu berapa kali ia berpikir untuk berhenti. Berapa sering ia merasa kalau hidupnya sudah hancur. Tapi, Allah memberinya kesempatan kedua. Bukan hanya menjadi pribadi yang lebih baik tetapi menjadi pemimpin di tengah umat-Nya. Allah mengenal dan sangat mengasihi kita semua lebih dari yang pernah kita pikirkan. Hari ini ketika kita sadar, bahwa Tuhan telah memberikan kesempatan bagi kita semua, maukah kita menanggapinya? Responilah dengan menjadi pribadi yang lebih baik dan mengambil bagian untuk menjadi alat-Nya.

Refleksi Diri
1. Kesempatan kedua apa yang diberikan Allah kepada Musa?
2. Mengapa Allah memberi kesempatan kedua kepada Anda?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih buat kesempatan kedua yang telah Engkau berikan kepadaku.

Kata - Kata Bijak
Karena kasih-Nya yang besar kesempatan selalu ada bagi kita.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah bangkit dari keterpurukkan dan terimalah rencana Allah bagi Anda.

No comments: