Tuesday, May 24, 2016

MENGUTAMAKAN ORANG LAIN

Selasa, 24 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Filipi 2:1-8

Bacaan Alkitab satu tahun
Yehezkiel 20-21 ; Yohanes 15

Ayat Hafalan
Filipi 2:3, “dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; “

Renungan Inspirasi
Pernahkah Anda menggunakan alat transportasi umum di kota Jakarta seperti bus, atau kereta listrik? Apabila belum pernah, sesekali Anda perlu mencoba menggunakannya. Disitu Anda akan menemui pemandangan orang yang berebutan masuk ke dalam kendaraan yang kadang membuat kita kaget, karena tiap orang tidak mau mengalah dan mendahulukan orang lain. Tentu dengan berbagai macam alasan masing-masing yang dirasa penting. Wiliam Ward, penulis berbagai artikel dan puisi, pernah berkata, “Ada tiga kunci menuju kehidupan yang lebih berlimpah: memperhatikan orang lain, memberi dorongan kepada orang lain, dan berbagi dengan orang lain.” Ketiganya melibatkan orang lain. Apa yang dikatakan Ward adalah gaya hidup yang seharusnya dimiliki oleh orang Kristiani, yaitu mengutamakan orang lain dan membuat mereka memiliki keadaan yang lebih baik setelah bertemu dengan kita.

Dalam renungan Firman Tuhan hari ini, Rasul Paulus mengingatkan kita untuk belajar mengutamakan orang lain sama seperti Yesus yang tidak mengutamakan diri-Nya sendiri (ay.3-8). Tidak dapat dibayangkan apabila Yesus sewaktu berada di dunia tapi Ia tidak mau mengutamakan manusia, tentu kita tidak bisa menerima keselamatan hari ini. Dengan mengutamakan orang lain akan membuat hidup kita menjadi lebih berarti. Tentu saja pada akhirnya nama Tuhan yang dimuliakan dari semua hal yang kita lakukan untuk orang lain. Belajarlah mengutamakan orang lain dari hal sederhana, karena terkadang kemuliaan Tuhan yang besar dapat muncul dari sikap kecil kita yang mengutamakan orang lain.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang diajarkan Paulus dalam renungan ini?
2. Mengapa Anda perlu mengutamakan orang lain?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih Engkau mengingatkan aku agar belajar mengutamakan orang lain juga.

Kata - Kata Bijak
Hidup tanpa peduli dengan orang lain adalah hidup yang tidak memiliki arti.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk  mengutamakan orang lain dari hal-hal sederhana.

No comments: