Monday, May 02, 2016

MENJADI PAHLAWAN IMAN

Senin, 2 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
2 Timotius 4:1-8

Bacaan Alkitab satu tahun
Yeremia 24-26 ; Yohanes 4:1-30

Ayat Hafalan
2 Timotius 4:8, “Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.”

Renungan Inspirasi
Januari 2015, dunia terguncang. Wartawan Kenji Goto yang berhati lembut dipenggal kaum ekstrimis di Syria. Goto telah menerima Tuhan Yesus pada 1997. Lalu ia bertekad melayani, khususnya dengan mengunjungi anak-anak dan orang miskin korban perang. Goto menuturkan, “Aku menyaksikan tempat-tempat yang paling mengerikan dan mempertaruhkan hidupku. Tapi entah bagaimana, Tuhan selalu menyelamatkanku.” Begitulah cuitannya di Twitter yang sempat menjadi (TTWW) trending topic world wide, yang dianggap sebagai pahlawan yang telah memberikan dirinya untuk menolong orang lain. Di setiap zaman, Tuhan pasti membangkitkan pahlawan iman yang rela menyaksikan imannya melalui tindakan nyata. Memberitakan kasih Kristus yang mengampuni, menyelamatkan, dan mendamaikan, di tengah dunia yang penuh dengan kebencian.

Rasul Paulus adalah pahlawan iman, menjelang akhir hidupnya sebagai martir ia menuliskan, “Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir, dan telah memelihara iman (ay.7). Bagaimana seorang meninggal, sebenarnya tak jadi soal. Pertanyaan yang lebih penting adalah: bagaimana dan untuk apa kita hidup? Ke mana kita pergi setelah meninggal? Sungguhkah Kristus menjadi Juruselamat dan Tuhan atas hidup kita? Apakah selama ini hidup kita telah memberi arti bagi banyak orang? Inilah pertanyaan-pertanyaan penting yang harus kita tanggapi selama kita masih hidup. Hari ini jadilah pahlawan kecil bagi orang terdekat, mulailah dari keluarga atau orang yang kita temui tiap hari. Bagikan hidup kita dengan menyebarkan kasih Kristus bagi mereka.

Refleksi Diri
1. Mengapa Paulus rela menjadi martir (ay.8)?
2. Bagaimana cara sederhana Anda menjadi pahlawan iman?

Pokok Doa
Tuhan ajarkan aku agar menjadi alat-Mu untuk menolong dan menyebarkan kasih-Mu.

Kata - Kata Bijak
Seorang pahlawan diukur dari perbuatanya di masa lalu yang berdampak hingga masa sekarang

Yang Harus Dilakukan
Mulailah menyebarkan kasih Kristus kepada orang yang Anda temui.

No comments: