Tuesday, May 31, 2016

MENJAGA KEHARMONISAN DENGAN PASANGAN

Selasa, 31 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Efesus 4:26-32

Bacaan Alkitab satu tahun
Yehezkiel 37-39 ; Yohanes 20

Ayat Hafalan
Efesus 4:32, “Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.”

Renungan Inspirasi
Dalam Guinness Book of Record 2005, Percy Arrowssmith dan Florence tercatat sebagai suami isteri tertua di dunia. Mereka telah menikah selama 80 tahun. Percy berusia 105 tahun, sedangkan isterinya 100 tahun. Keduanya saling mencintai satu dengan yang lainnya. Ketika ditanya, apa kunci awetnya pernikahan mereka? Keduanya ternyata memiliki rahasia cara menangani konflik. Percy menuturkan kepada media, “Sangat sederhana!” Kata mereka, “Kami tidak akan pergi tidur sebelum menyelesaikan konflik. Tidak enak tidur jika masih membawa kemarahan. Jika bertengkar, kami berusaha saling meng- ampuni sebelum larut malam, supaya hari itu ditutup dengan ciuman dan genggaman tangan.”

Sebuah hubungan dalam pernikahan harus dipelihara keharmonisannya. Dalam perjalanan pernikahan, pasti akan ada konflik yang dapat muncul. Setiap konflik harus segera diselesaikan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Apabila konflik menjadi besar dan tidak dapat teratasi, maka berakibat masing-masing pasangan akan saling menyerang dan melukai.

Dalam tahap seperti ini, hubungan pernikahan sudah tidak sehat dan tidak sedikit yang akhirnya berujung dengan perceraian. Oleh karena itu, pasangan suami istri harus bersikap bijaksana akan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan terhadap pasangan kita. Namun, salah satu hal terpenting dalam keberhasilan sebuah pernikahan adalah masing-masing pasangan harus menerima dan memberi pengampunan.

Refleksi Diri
1. Apa yang harus kita lakukan jika kita marah terhadap pasangan kita (ay. 26)?
2. Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga keharmonisan dengan pasang kita?

Pokok Doa
Tuhan ajarlah aku untuk terus tetap tenang dan melibatkan Engkau saat amarah mulai meliputiku.

Kata - Kata Bijak
Tanda dari  kedewasaan rohani seseorang yaitu ketika berhasil mengendalikan amarahnya.

Yang Harus Dilakukan
Berhentilah untuk marah tetapi serahkan masalah Anda kepada Tuhan dalam doa.

No comments: