Thursday, May 12, 2016

MOTIVASI DALAM MEMBERI TEGURAN

Kamis, 12 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Efesus 4:12-15

Bacaan Alkitab satu tahun
Yeremia 50 ; Yohanes 8:30-59

Ayat Hafalan
Efesus 4:15 (BIS), “Tidak! Sebaliknya kita harus menyatakan hal-hal yang benar dengan hati penuh kasih, sehingga dalam segala hal kita makin lama makin menjadi sempurna seperti Kristus, yang menjadi kepala kita.”

Renungan Inspirasi
Alice Walker, dalam buku Sent by Earth, menuturkan suatu tradisi unik suku Babemba di Afrika Selatan. Ketika seorang warga melakukan pelanggaran, mereka membawanya ke tengah kampung. Seluruh penduduk kampung mengelilinginya dan menceritakan berbagai kebaikan yang pernah ia lakukan sepanjang hidupnya. Mereka percaya setiap orang itu baik, namun kadang-kadang berbuat salah. Hal ini dilakukan sebenarnya merupakan suatu seruan minta tolong. Mereka bersatu untuk menghubungkan kembali orang itu dengan tabiat baiknya dengan penuh kasih, meskipun begitu besarnya kesalahan yang telah dibuat. Upacara itu dapat berlangsung berhari-hari, dan diakhiri dengan pesta untuk menyambutnya kembali sebagai anggota suku.

Paulus pernah menyatakan kepada jemaat Efesus dalam hal saling menasihati. Dalam versi Alkitab BIS (Bahasa Indonesia Sehari-hari) menterjemahkan ’...Sebaliknya kita harus menyatakan hal-hal yang benar dengan hati penuh kasih (ay.15). Saat mendapati Saudara kita melakukan pelanggaran, terkadang kita cepat tergoda untuk memaparkan semua daftar kesalahan, tetapi kurang memeriksa hati kita apa sebenarnya yang memotivasi kita untuk memberikan teguran. Sehingga banyak kejadian yang terjadi, orang yang ditegur akhirnya menutup diri dan cenderung tidak mau berubah. Mari kita saling mengingatkan satu dengan lainnya tapi jangan lupa, sertailah dengan motivasi hati yang benar-benar mengasihi. Dan hal itu pasti akan tercermin dengan cara kita menyampaikannya.

Refleksi Diri
1. Bagaimana cara menegur seseorang menurut Rasul Paulus (Ay.15)?
2. Apa dampak ketika kita menegur tetapi tidak dengan hati yang mengasihi?

Pokok Doa
Tuhan ampuni aku, terkadang aku menegur seseorang tidak dengan hati yang penuh kasih.

Kata - Kata Bijak
Teguran atas dasar kasih-Nya selalu berujung kepada penerimaan dan perubahan

Yang Harus Dilakukan
Periksalah terlebih dahulu hati Anda sebelum memberikan teguran

No comments: