Tuesday, May 03, 2016

PENTINGNYA KEBERSAMAAN

Selasa, 3 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Kisah Rasul 2:42-47

Bacaan Alkitab satu tahun
Yeremiaa 27-29 ; Yohanes 4:31-5

Ayat Hafalan
Kisah Rasul 2:42, “Mereka bertekun dalam pengajaran rasul- rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.”

Renungan Inspirasi
Guilemot adalah sejenis burung laut yang senang hidup berkelompok dengan komunitasnya. Ribuan burung ini biasanya hidup bersama di puncak tebing dan batu karang yang sulit dijangkau. Kelebihan dari burung ini yaitu apabila ada burung lain atau musuh mencoba menyerang mereka, maka seluruh kawanan burung itu bersatu memekik dan mematuk musuh mereka. Sikap kebersamaan dan kepandaian mereka dalam mencari tempat berlindung itulah yang menyelamatkan kawanan burung ini dari setiap ancaman yang ada. Kebersamaan burung Guilemot memberikan sebuah pelajaran bagi kita mengenai pentingnya sebuah kebersamaan.

Rasul Petrus menuliskan hal yang sama untuk menggambarkan cara hidup dari jemaat pertama. Kebersamaan. Itulah kata kunci kehidupan jemaat mula-mula (Kis. 2:42-47). Kebersamaan didalam persekutuan dan ketekunan dalam pengajaran rasul. Mereka berdoa bersama dan berbagi hidup sehingga kelebihan yang satu menutupi kekurangan yang lain. Yang lebih mengharukan lagi, mereka melakukan itu semua dengan tulus hati tanpa pamrih. Sehingga persekutuan pun terjaga dengan baik sehingga menjadi kesaksian yang indah bagi pihak luar. Ada kekuatan besar dibalik sebuah kebersamaan orang percaya. Ketika diantara kita ada yang mengalami pergumulan berat, maka dapat saling membantu menguatkan. Ketika ada yang sakit, dapat saling mendoakan. Bahkan lebih dari itu, janji Tuhan apabila kita terus hidup dalam kebersamaan, maka ada berkat-berkat besar yang akan mengalir memenuhi  gereja-Nya.

Refleksi Diri
1. Hal-hal apa saja yang dilakukan oleh jemaat mula-mula (Kis 2:42-47)?
2. Apa janji Tuhan ketika jemaat hidup dalam kebersamaan?

Pokok Doa
Tuhan aku berdoa agar aku terus hidup dalam kebersamaan dalam jemaat dan tidak terpisah.

Kata - Kata Bijak
Dalam kebersamaan pasti ada hal-hal dahsyat yang terjadi.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah membuka diri dengan bergaul dengan anak Tuhan yang lain

No comments: