Tuesday, May 10, 2016

PENTINGNYA MEMILIKI GEREJA LOKAL

Selasa, 10 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Ibrani 10:19-25

Bacaan Alkitab satu tahun
Yeremia 46-47 ; Yohanes 7:25-53

Ayat Hafalan
Ibrani 10:25,“Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan- pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat .”

Renungan Inspirasi
Rick Warren dalam bukunya, The Purpose Driven Life, mengatakan, “Jika sebuah organ dipisahkan dari tubuhnya, ia akan melemah dan mati. Orang itu tidak bisa hidup dari dirinya sendiri.” Dia pun menambahkan, “Orang percaya yang memisahkan diri dari “sumber” hidup berupa gereja lokal, kehidupan rohaninya akan melemah dan akhirnya mati. Karena itu, gejala pertama dari kemunduran rohani biasanya adalah tidak teratur menghadiri kebaktian ibadah dan pertemuan umat percaya yang lainnya.” Itulah sebabnya sangat penting untuk tetap terhubung bersama orang percaya lainnya di dalam gereja lokal.

Hal serupa juga pernah dikatakan oleh Rasul Paulus kepada jemaat Ibrani, bahwa orang percaya harus secara teratur dalam beribadah  dan semakin giat melakukannya agar mengalami pertumbuhan iman yang jauh lebih baik ( ay.25). Ditengah perkembangan dunia saat ini, tanpa disadari membentuk orang agar hidup secara individualis. Karena hal apapun dapat kita lakukan dengan sendiri. Seperti mendengarkan khotbah-khotbah rohani lewat radio, podcast online, dan menonton tv rohani. Tentu hal ini  tidak sepenuhnya salah, tapi hal ini tidak bisa menggantikan persekutuan dengan orang percaya lainnya sebagai satu tubuh Kristus. Keuntungan tertanam di gereja lokal yaitu kita dapat saling mendorong dan mengingatkan satu dengan yang lain dalam iman (ay.24). Banyak orang yang perlahan menjadi lemah imannya dan akhirnya mati dikarenakan memilih untuk tidak berada di gereja lokal. Pertanyaan penting hari ini, sudahkah Anda tertanam di dalam komunitas gereja NDC ?

Refleksi Diri
1. Mengapa penting bagi Anda memiliki gereja lokal?
2. Menurut Paulus bagaimana cara mengalami pertumbuhan iman (ay.25)?

Pokok Doa
Tuhan bukalah hatiku agar mau tertanam di gereja lokal karena ini adalah perintah Firman-Mu.

Kata - Kata Bijak
Berkumpul dan bersekutu dengan Saudara seiman membuat kita bertumbuh secara Rohani.

Yang Harus Dilakukan
Mintalah informasi mengenai komunitas gereja NDC selesai pertemuaan ibadah minggu.

No comments: