Wednesday, May 25, 2016

PERAN SEORANG AYAH

Rabu, 25 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Efesus 6:1-9

Bacaan Alkitab satu tahun
Yehezkiel 22-23 ; Yohanes 16

Ayat Hafalan
Efesus 6:4, “Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.”

Renungan Inspirasi
Salah satu penyebab terbesar rusaknya generasi ini adalah karena mereka tidak mendapatkan sosok bapa. Jika gambar seutuhnya mengenai bapa dipulihkan, maka generasi ini juga akan mengalami pemulihan. Dalam buku Father’s Connection karya Josh McDowell, ada sebuah data yang menarik. Pertama, Dr. Loren Moshen menemukan bahwa sebagian besar pelanggaran hukum yang dilakukan remaja dan pemuda sebenarnya bukan karena kemiskinan, tetapi karena ketidakhadiran ayah. Kedua, 60% gadis remaja yang dibesarkan tanpa ayah, cenderung melakukan hubungan seks sebelum menikah. Ketiga, hampir sebagian besar hidup manusia dipengaruhi oleh orang tua. Jika dibesarkan dengan kecaman, anak jadi suka mencela. Jika anak dibesarkan dalam permusuhan, anak jadi suka bertengkar. Jika orang tua tak pernah mendukung, anak jadi minder dan tak percaya diri.

Rasul Paulus pernah menasihatkan kepada keluarga Kristen di Efesus, terutama kepada bapa-bapa. Yaitu, seorang bapa haruslah mendidik anaknya dalam kasih dan nasihat sesuai dengan Firman Tuhan (ay.4). Hal ini sangat penting karena fenomena di sekeliling kita saat ini. Orang tua yang aktif dalam pelayanan tetapi anaknya justru terabaikan dan tidak mewariskan iman percaya seperti orang tuanya. Peran dari seorang ayah sangat penting bagi pertumbuhan generasi saat ini. Jika anak kita menjadi nakal, suka memberontak, atau cenderung minder, mungkin yang pertama kali mesti dikoreksi bukanlah mereka, melainkan kita orang tuanya. Hari ini, mari kita sama-sama memeriksa cara mendidik anak kita. Mintalah tuntunan Tuhan agar kita mendapatkan hikmat untuk mendidik mereka.

Refleksi Diri
1. Nasihat apa yang Paulus sampaikan kepada orang tua di Efesus (ay.4)?
2. Bagaimana seharusnya Anda memperlaku- kan seorang anak dalam keluarga?

Pokok Doa
Tuhan ampuni aku yang kurang mengangap penting hal mendidik anakku.

Kata - Kata Bijak
Seorang anak adalah peniru ulung dari sikap orang tua sehari-hari.

Yang Harus Dilakukan
Bangunlah komunikasi dengan generasi penerus Anda secara teratur.

No comments: