Monday, May 09, 2016

TEMPAT PALING AMAN DI DUNIA

Senin, 9 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 71:1-24

Bacaan Alkitab satu tahun
Yeremia 43-45 ; Yohanes 7:1-24

Ayat Hafalan
Mazmur 71:3,“Jadilah bagiku gunung batu, tempat berteduh, kubu pertahanan untuk menyelamatkan aku; sebab Engkaulah bukit batuku dan pertahananku.”

Renungan Inspirasi
Apollo theather berada di kawasan Soho, pinggiran kota Wesminter, London Raya, Inggris. Tempat itu adalah tempat teater ternama di London, yang diperlengkapi dengan konstruksi paling aman di dunia. Bangunan ini dirancang begitu hebat dan sangat diagungkan oleh rakyat London. Akan tetapi semuanya berubah, ketika pada tanggal 19 Desember 2013 terjadi kepanikan 720 orang berlarian keluar dari dalam gedung saat hiasan dalam gedung jatuh dan menimpa penonton. Juru bicara dinas pemadam kebakaran setempat, Graham Ellis, menyatakan bahwa reruntuhan berasal dari hiasan berat yang menempel di bagian dalam langit-langit gedung. 760 orang tewas dalam kejadian tersebut. Biasanya kita merasa aman saat berada dalam naungan sebuah bangunan. Ia menjadi tempat berteduh, tempat perlindungan. Namun sekokoh apa pun sebuah bangunan, sejatinya ia bisa saja runtuh.

Peristiwa ini mengingatkan kita, betapa kelirunya bila kita mengandalkan sesuatu atau seseorang untuk menjadi jaminan atau sandaran kita. Tak ada satu pun “sandaran” yang kokoh, di luar Tuhan. Hanya Dia “sandaran” yang anti runtuh! Bacaan kita menegaskan, orang yang berlindung kepada Tuhan akan dipelihara dan tak pernah dipermalukan sepanjang hidupnya. Sejak dari kandungan, semasa kecil, masa muda, hingga masa tua, ia terus dijagai (ay. 5-6,9,17-18). Dan sungguh, Tuhan adalah tempat perlindungan yang kuat (ay.3,7). Hari ini pertanyaannya, masihkah Dia yang menjadi tempat perlindungan bagi kita?

Refleksi Diri
1. Keuntungan apa yang Anda terima ketika Tuhan menjadi perlindungan Anda?
2. Di manakah tempat perlindungan yang paling aman di dunia?

Pokok Doa
Tuhan ajar aku untuk menjadikan Engkau satu-satunya tempat perlindungan selama ku hidup.

Kata - Kata Bijak
Tempat perlindungan paling aman di dunia adalah berada di dalam Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Jadikanlah Tuhan tempat perlindungan dan sandaran hidup bukan kepada yang lain.

No comments: