Wednesday, May 11, 2016

TETAPLAH BERBUAT BAIK

Rabu, 11 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Keluaran 14:1-16

Bacaan Alkitab satu tahun
Yeremia 48-49 ; Yohanes 8:1-29

Ayat Hafalan
Galatia 6:9-10, “Janganlah  kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah  kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama  kepada kawan-kawan  kita seiman.”

Renungan Inspirasi
Dunia olahraga tidak akan pernah melupakan seorang atlet layar Canada bernama Lawrence Leimeux. Saat ia bertanding dalam olimpiade Seoul 1988, sebenarnya ia sangat berpotensi merebut medali perak. Tetapi, ketika ia melihat ada seorang peserta negara lain cedera, Limieux memutuskan meninggalkan lomba dan menolong peserta itu. Ia pun akhirnya hanya finish di urutan  ke-21, dan gagal merebut medali perak yang sebenarnya sudah di depan mata. Awalnya banyak orang menyebutnya telah bertindak bodoh. Tetapi atas tindakannya itu, ia memperoleh penghargaan atas kebaikan hatinya. Ia dikalungi medali kehormatan Pierre de Courbertin dari Komite Olimpiade International.

Dalam bacaan renungan kita, Abraham bisa saja bersikap tidak peduli ketika Lot, keponakannya, di tawan oleh musuh. Apalagi Lot pernah melakukan hal yang merugikannya (Kej. 13:8). Tetapi Abraham menunjukkan bahwa ia tetap mengusahakan perbuatan baik. Abraham telah mengorbankan kepentingan dirinya untuk menolong Lot. Melakukan sesuatu untuk menolong orang lain, apalagi pernah menyakiti kita, bukanlah hal yang mudah. Mengapa? Karena untuk melakukannya kita harus memiliki kerelaan untuk ‘mengorbankan’ kepentingan sendiri. Bukti seorang telah menerima anugerah pengampunan dari Kristus adalah ia tidak akan merasa bahagia tatkala orang lain mengalami bahaya, sekali pun mungkin orang itu pernah menyakitinya. Mari sekali lagi lihatlah dari pandangan Yesus. Hari ini ada, bukankah sebuah kesempatan untuk mempraktekkan kasih-Nya dengan berbuat baik  kepada orang yang sudah merugikan kita?

Refleksi Diri
1. Tindakan apa yang diambil Abraham ketika mendengar Lot ditawan?
2. Apa tanda seorang telah menerima pengampunan dari Kristus?

Pokok Doa
Tuhan biarlah Roh Kudus memberikan kemampuan untukku menolong mereka yang telah bersalah kepadaku.

Kata - Kata Bijak
Perbuatan baik kepada orang yang baik adalah biasa, tetapi berbuat baik kepada orang yang tidak baik barulah luar biasa.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah berbuat baik kepada orang lain sekalipun telah merugikan Anda.

No comments: