Friday, May 20, 2016

YANG TERPENTING ADALAH BERBUAH

Jumat, 20 Mei 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yohanes 15:1-8

Bacaan Alkitab satu tahun
Yehezkiel 11-13 ; Yohanes 12:20-50

Ayat Hafalan
Yohanes 15:5,“Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal  di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak,  sebab di luar Aku kamu  tidak dapat berbuat apa-apa.”

Renungan Inspirasi
Menurut survei dari 20 tahun yang lalu negara di Eropa adalah negara-negara penghasil anggur terbanyak dengan kualitas terbaik. Akan tetapi sejak 2002 sampai 2012 produksi anggur Eropa menurun, diganti oleh China yang mencapai 31,2 % di seluruh dunia sebagai negara penghasil buah anggur terbanyak hingga hari ini. Dan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Saat ini China diperkirakan menghasilkan sekitar 8.651.831 ton anggur pertahunnya menggeser negara Spanyol, Prancis, Turki, Argentina dan Iran. Apa yang dinanti-nantikan oleh seorang pengusaha kebun anggur? Buah! Tak ada yang lain! Tidak ada pengusaha yang menanam anggur hanya sebagai tanaman hias yang bagus daunnya, beranting lebih banyak dan berbentuk indah, tapi tidak pernah mengeluarkan buah-buah banyak dengan kualitas baik.

Yesus Kristus  berulang kali  mengatakan bahwa Dia adalah pokok anggur dan kita ini carang-carang-Nya (ay.15). Pengusaha kebun anggur yakni Bapa di sorga hanya mencari satu hal yang terpenting dari hidup kita, yakni kehidupan yang berbuah! Sebagai carang dan menjadi bagian dari tanaman anggur, kita dituntut untuk berbuah. Buah yang di maksud adalah kehidupan pertobatan yang sungguh serta kehidupan yang menghasilkan buah Roh Kudus (Gal. 5:19-22). Kadang kita hanya terlihat menjadi orang Kristen yang aktif dalam gereja, tetapi tidak pernah dewasa dan belum mengeluarkan buah seperti kehendak Tuhan. Hari ini kalau Tuhan menanyakan: mana buah yang dihasilkan, apa jawab kita?

Refleksi Diri
1. Apa yang Yesus inginkan  dari kita sebagai carang-carang-Nya (ay.15)?
2. Buah apa yang harus Anda hasilkan bagi Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan ampuni aku yang selama ini belum banyak menghasilkan buah dalam kehidupan untuk  memuliakan Engkau.

Kata - Kata Bijak
Yang terpenting dari kehidupan kekristenan adalah menghasilkan buah bagi Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk  berubah dan dewasa dalam karakter Kristus.

No comments: