Monday, June 27, 2016

BELAJAR MENJADI PENOLONG

Senin, 27 Juni 2016

Bacaan Alkitab hari ini
3 Yohanes 1:4-8

Bacaan Alkitab satu tahun
Zakharia 1-4; Wahyu 18

Ayat Hafalan
3 Yohanes 1:6, Mereka telah memberi kesaksian di hadapan jemaat tentang kasihmu. Baik benar perbuatanmu, jikalau engkau menolong mereka dalam perjalanan mereka, dengan suatu cara yang berkenan kepada Allah.

Renungan Inspirasi
Harian Kompas, 6/05/2010, menuliskan tentang Andeisha Farid anak korban perang Afganistan dengan Uni Soviet 26 tahun silam. Selama dua puluh tahun, dia hidup sebagai pengungsi di kamp-kamp pengungsian Pakistan. Hidup sebagai pengungsi bukanlah sesuatu yang nyaman, oleh karena itu ia berinisiatif merubah keadaan itu dengan menjadi tutor di sebuah sekolah lokal. Dia membantu mengumpulkan makanan yang dibutuhkan anak-anak di pengungsian karena banyak di antara anak-anak itu dibiarkan yatim piatu dan mengais apa saja yang ditemukannya di tong sampah. Andeisha juga memberikan bantuan untuk anak-anak Afganistan melalui yayasan yang didirikannya, AFCECO. Ia mengelola 10 panti asuhan yang merawat lebih dari 450 anak. Karena ketulusannya menolong, dia menjadi salah satu penerima penghargaan Global Leadership Awards 2010 dari lembaga nirlaba Vital Voices, Amerika Serikat.

Beban untuk menolong yang membutuhkan, itulah pesan yang Andeisha berikan kepada kita semua. Dalam bacaan kita kali ini, penulis kitab 3 Yohanes memuji sifat dari Gayus yang ringan tangan dalam menolong saudara-saudara seiman yang membutuhkan pertolongan (ay. 6).

Orang-orang yang ditolong ini memberi kesaksian tentang kasih dan kebaikan Gayus. Penulis juga menyatakan bahwa sifat yang mau menolong ini adalah ciri dari kehidupan orang percaya (ay. 5). Sebagai orang percaya yang telah menerima pertolongan dari Tuhan, harusnya kita juga memberi pertolongan kepada orang lain. Seperti menolong rekan yang sedang susah, menjadi orang tua asuh, membantu finansial kepada orang yang membutuhkan, dsb. Tuhan menghendaki agar kita menyatakan kasih kita kepada sesama dengan belajar menjadi penolong.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang dilakukan oleh Gayus sehingga ia dipuji (ay. 6)?
2. Hal apa yang Tuhan ingin Anda lakukan setelah ditolong oleh Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan mampukan aku untuk menjadi alat-Mu untuk bisa menolong orang lain.

Kata - Kata Bijak
Orang yang banyak ditolong harusnya banyak juga menolong.

Yang Harus Dilakukan
Bantulah orang di sekeliling Anda yang sedang mengalami masalah.

No comments: