Wednesday, June 08, 2016

BERSAHABAT DENGAN MASALAH

Rabu, 8 Juni 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Kejadian 45:1-28

Bacaan Alkitab satu tahun
Daniel 8-10; 3 Yohanes 1

Ayat Hafalan
Yakobus 1:2,“Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan,”

Renungan Inspirasi
Seorang penulis buku Kristen terkenal J.B. Phillips mengatakan: "Jangan anggap masalah sebagai musuh, melainkan sebagai sahabat!" Apabila masalah dijadikan musuh maka akan sangat sulit ketika kita melangkah dalam hidup. Pendapat sama juga dikatakan oleh seorang konselor Inggris Selwyn Hughes, “Masalah dapat menjadi sahabat jika tujuan hidup kita adalah menjadi serupa dengan Yesus. Jika tujuan hidup kita hanyalah menghindari kesulitan atau masalah, maka masalah tersebut akan menjadi musuh.” Hughes mengakui bahwa ia sendiri terkadang sulit menerapkan nasihatnya itu.

Masalah akan selalu ada sepanjang hidup kita. Lalu bagaimana cara kita agar tetap bisa bersukacita di tengah segala masalah yang datang silih berganti? Bersahabatlah  dengan masalah. Maksudnya, kita merespon masalah dengan sikap yang positif. Membaca biografi Yusuf, akan kita dapati ternyata Yusuf mengalami banyak masalah. Namun kita melihat bagaimana dalam setiap masalah, Yusuf selalu bersahabat dengan masalah itu. Ketika ia menjadi budak di rumah Potifar, ia bekerja dengan sungguh-sungguh. Ketika di penjara, Yusuf menjadi napi yang patuh sehingga kepala penjara mempercayakan semua tahanan kepada Yusuf. Ketika juru minuman lupa akan janjinya kepada Yusuf, Yusuf tetap sabar hingga akhirnya ia dimuliakan Tuhan. Jika hari ini Tuhan ijinkan kita mengalami masalah, mari bersahabatlah dengan masalah itu. Menggerutu, menangis, menyalahkan keadaan, atau mengasihani diri sendiri tak akan pernah membuat kita bertumbuh.

Refleksi Diri
1. Apa maksud Tuhan dibalik semua masalah yang dihadapi Yusuf? (ay. 5)
2. Hal apa yang Tuhan ingin Anda lakukan saat menghadapi masalah?

Pokok Doa
Tuhan ampuni aku yang selama ini meminta Engkau menjauhkan masalah dalam hidupku.

Kata - Kata Bijak
Bersikaplah positif di tengah situasi negatif.

Yang Harus Dilakukan
Perkatakan hal-hal besar tentang Tuhan bukan masalah Anda.

No comments: