Wednesday, June 01, 2016

FACING YOUR GIANTS

Rabu, 1 Juni 2016

Bacaan Alkitab hari ini
I Samuel 17:1-58

Bacaan Alkitab satu tahun
Yehezkiel 40-41; Yohanes 21

Ayat Hafalan
I Samuel 17:45, Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing,  tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam,  Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.

Renungan Inspirasi
Dalam kehidupan ini, setiap manusia pasti akan bertemu dengan masalah. Mau tidak mau, setiap masalah harus kita selesaikan dengan bijak dan tepat. Namun bagaimana jika kita menghadapi masalah yang jauh lebih besar dari kemampuan kita? Masalah ini bagaikan ”raksasa” yang seakan berdiri tepat di depan kita dan siap menumbangkan kita. Tema yang diusung NDC (Nafiri Discipleship Church) bulan ini adalah “Facing Your Giants” (Hadapi Raksasa-raksasa Anda). “Raksasa - raksasa” yang dimaksudkan adalah masalah-masalah besar yang siap menantang kehidupan orang percaya.

Raja Daud pernah menghadapi masalah yang besar, saat ia melawan seorang raksasa yang bernama Goliath. Umat Israel saat itu tidak ada satu pun yang berani, mereka justru lari dengan penuh ketakutan (ayat.27). Kita tahu bahwa Daud akhirnya berhasil memukul jatuh Goliath. Ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dari pengalaman Daud. Pertama, Daud tidak panik dan ketakutan ketika melihat Goliat (ay. 26). Yang kedua, Daud begitu yakin akan kuasa TUHAN (ay.45). Saat ini jenis raksasa apa yang Anda hadapi? Kemelut rumah tangga, masa lalu yang menakutkan, ketakutan akan masa depan, kebiasaan buruk yang tidak bisa dihilangkan, masalah ekonomi, kegagalan atau jenis masalah lainnya. Kita bisa mengatasi masalah sebesar apa pun dengan iman.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang dilakukan Daud saat menghadapi Goliath (ay.27-45)?
2. Apa yang Anda harus lakukan saat menghadapi masalah besar?

Pokok Doa
Tuhan berikan aku kekuatan untuk menghadapi masalah besar yang aku alami.

Kata - Kata Bijak
Letak kemenangan orang percaya ketika selalu melibatkan TUHAN dalam menghadapi masalah

Yang Harus Dilakukan
Mulailah hari ini belajar untuk melibatkan TUHAN dari masalah yang kecil.

No comments: