Thursday, June 09, 2016

FILOSOFI BUMERANG

Kamis, 9 Juni 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Galatia 6:1-10

Bacaan Alkitab satu tahun
Daniel 11-12; Yudas 1

Ayat Hafalan
Amsal 26:27,“Siapa menggali lobang akan jatuh ke dalamnya, dan siapa menggelindingkan batu, batu itu akan kembali menimpa dia.”

Renungan Inspirasi
Bumerang adalah senjata tradisional suku Aborigin, Benua Australia, yang digunakan untuk berburu binatang. Cara menggunakan bumerang adalah melemparkannya ke sasaran, dan bila tidak kena, bumerang bisa memutar kembali kepada pemiliknya.

Tak mudah menggunakan bumerang karena tangan kita harus terlatih menggunakannya. Bumerang mengajarkan kita suatu prinsip bahwa apa yang kita berikan akan kembali kepada kita. Demikian pula dalam dunia tumbuhan, apa yang kita tanam akan kita tabur. Kalau kita menanam biji jagung, tentu buah yang akan kita tuai adalah buah jagung, tidak mungkin anggur.

Renungan dalam Galatia 6 menjelaskan bahwa kita harus selalu menabur hal-hal yang baik setiap hari, agar kelak kita menuai hasil yang baik dan berlipat-lipat pula. Kalau dalam kehidupan sehari-hari kita bekerja keras, pantang menyerah, memiliki sikap positif, dan ramah kepada semua orang, Maka, kita pun akan menuai kemakmuran, kebahagiaan dan keramahan dari orang lain. Tetapi, jika kita menjalani hidup tanpa tujuan, bekerja asal-asalan, bersikap masa bodoh kepada semua orang, jangan salahkan siapa pun kalau kita juga menuai hal-hal buruk. Hari ini, mari rencanakan hal-hal baik apa saja yang akan Anda tabur dan berikan pada orang lain. Jalani hari demi hari yang Anda miliki untuk selalu mentaati kebenaran Firman Tuhan dan tetap optimis. Tuhan akan memberikan hasil tepat pada waktunya, bagian Anda adalah jangan jemu-jemu untuk menabur hal yang baik.

Refleksi Diri
1. Nasihat apa yang diberikan oleh Paulus? (ay. 32)
2. Hal apa yang Anda terima saat menabur benih yang baik?

Pokok Doa
Tuhan ajar aku untuk belajar menabur hal-hal yang baik dalam kehidupan.

Kata - Kata Bijak
Hanya orang  yang menabur yang pasti akan menuai.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah menabur hal-hal yang baik di sekililing Anda.

No comments: