Wednesday, June 22, 2016

FOKUS PADA TUHAN BUKAN MASALAH

Rabu, 22 Juni 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Bilangan 13-14:10

Bacaan Alkitab satu tahun
Mikha 6-7; Wahyu 13

Ayat Hafalan
Bilangan 14:9, “Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka."

Renungan Inspirasi
Ada sebuah kutipan yang menarik dari Max Lucado dalam bukunya “Facing Your Giants”. Pernyataannya yaitu: “Focus on giants -- you stumble; focus on God -- your giants tumble. (Fokus pada raksasa – Anda akan tersandung. Fokus pada Allah – raksasa akan tumbang). Max Lucado menganalogikan masalah dengan raksasa-raksasa. Dia mengingatkan bahwa “masalah” merupakan hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan orang percaya. Dan tidak mungkin kita dapat hidup tanpa memiliki masalah”. Lanjutnya: “Tapi hal inilah yang perlu dilakukan orang percaya yaitu mengubah fokus mengarah kepada kekuatan Tuhan. Ketika orang percaya terfokus kepada Tuhan, maka mereka akan mampu melihat bahwa Tuhan jauh lebih besar dari masalah mereka.”

Dalam Alkitab, Allah pernah menyuruh Musa untuk mengutus para pengintai sebelum memasuki tanah Kanaan. Sebagian besar dari pengintai yang diutus justru memberikan laporan mengenai tanah itu memiliki kubu yang besar dan penghuninya tinggi besar. Mereka menyimpulkan tidak mungkin mereka dapat masuk ke negeri itu (Bil. 13). Akan tetapi pengintai Yosua dan Kaleb berbeda, mereka justru dengan optimis mengatakan bahwa negeri itu dapat mereka taklukkan karena Tuhan bersama dengan mereka. Terkadang mata dan logika kita sebagai manusia lebih kuat berbicara dibandingkan dengan janji-janji firman Tuhan. Fokuslah kepada Tuhan bukan kepada masalah. Ingatlah kita telah berada dalam rencana Tuhan dan Ia tidak akan mungkin membiarkan kita.

Refleksi Diri
1. Sikap apa yang dilakukan oleh Yosua dan Kaleb?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan dari Anda ketika menghadapi masalah?

Pokok Doa
Tuhan ajarlah aku untuk selalu fokus kepada Engkau bukan kepada masalah yang besar.

Kata - Kata Bijak
Tuhan kita adalah Tuhan yang lebih besar dari semua masalah besar kita.

Yang Harus Dilakukan
Berpikirlah positif dan mengucap syukur ketika kita menghadapi masalah.

No comments: